Share

Sengketa Merek, Kuasa Hukum Ruben Onsu Pertanyakan Kinerja Ditjen HKI

Adiyoga Priambodo, Okezone · Kamis 11 Oktober 2018 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 11 33 1962867 sengketa-merek-kuasa-hukum-ruben-onsu-pertanyakan-kinerja-ditjen-hki-fZjISoEUP9.jpg
A A A

JAKARTA - Kuasa hukum Ruben Onsu, Minola Sebayang mempertanyakan kinerja Ditjen HKI terkait sertifikat merek Bensu yang diserahkan kepada Jessy Handalim. Dalam sesi jumpa pers di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (11/10/2018), Minola menyebut langkah Ditjen HKI bertentangan dengan undang-undang yang berlaku.

"Kami bingung kenapa HKI bisa mengeluarkan sertifikat nama 'Bensu' untuk Jessy Handalim. Padahal, dalam pasal 21 ayat 2 (a) UU No. 20 tahun 2016, telah mengatur permohonan merek ditolak jika merek itu merupakan menyerupai singkatan nama orang terkenal, baik dalam foto atau badan hukum yang dinamai orang lain. Berhak diberikan orang lain, jika berdasarkan ketentuan tertulis dari orang tersebut atau kepemilikan nama itu," ujar dia.

(Baca Juga: Pamer Foto Pakai Gaun Putih, Pose Nafa Urbach Bak Noni Belanda)

(Baca Juga: Bulan Depan, Rizky Febian Rilis Album Perdana)

Ruben Onsu

Mengacu pada ketentuan undang-undang, Minola menilai ada kesalahan dalam penerbitan sertifikat merek Bensu kepada Jessy Handalim. Sepengetahuan Minola, identitas Bensu sejatinya sudah melekat pada sosok Ruben Onsu.

"Sekarang gini, secara nalar kita, Bensu itu siapa sih? Pasti semua orang tertuju kepada Ruben Onsu kan? Tapi kenyataannya sekarang ada yang mendaftarkan nama 'Bensu' ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI)," katanya.

Alasan inilah yang kemudian membuat Ruben Onsu menggugat pemilik merek Bensu yang terdaftar di Ditjen HKI pada 25 September 2018. Dalam gugatannya, Ruben meminta agar Jessy melepas nama Bensu, yang saat ini sudah terdaftar sebagai unit bisnis susu.

"Dalam gugatan itu, kami ajukan gugatan kepada Jessy Handalim pemilik nama 'Bensu' di HKI. Kami ajukan gugatan, untuk pihak Jessy melepas nama 'Bensu', yang diyakini milik Ruben Onsu," tandas Minola Sebayang.

Kata Minola lagi, Ruben Onsu sudah mendaftarkan identitas Bensu miliknya sejak Mei 2018. Sementara merek Bensu milik Jessy baru terdaftar pada Juli 2018.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini