Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Mobil Dinas Donald Trump hingga Putin, Ternyata Buatan Dalam Negeri

Mufrod , Jurnalis-Selasa, 16 Oktober 2018 |16:54 WIB
Cadillac The Beast & Aurus Senat (foto: Rt.com)
Cadillac The Beast & Aurus Senat (foto: Rt.com)
A
A
A

JAKARTA - Mobil Dinas kepresidenan merupakan salah satu kendaraan paling aman yang dibuat banyak produsen automotif. Baik dari merek ternama, maupun produsen merek lokal di setiap negara.

Keamanan dan kenyamanan mobil yang digunakan pemimpin negara merupakan mutlak harus ada dan dimiliki, mengingat keselamatan Presiden menjadi salah satu prioritas utama.

Diantara beberapa negara yang memiliki industri automotif, pemimpin negara biasanya memesan kendaraan dari merek tersebut. Namun ada juga yang menggunakan merek lain yang tentunya pemesanan dilakukan berdasarkan standar keamanan yang diinginkan sebuah negara.

 

The Beast

Presiden Donald Trump saat ini menggunakan mobil dinas yang disebut The Beast versi terbaru. Tampilannya yang lebih mewah terpancar dari ubahan grill dan lampu depan. Tingkat keamanannya sendiri tak jauh berbeda dengan versi lamanya.

The Beast dirancang mampu menahan peluru maupun bom serta serangan bio kimia yang bisa menimpa orang nomor satu di AS tersebut. The Beast dipersenjatai dengan tabung gas air mata.

 

Aurus Senat

Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi salah satu presiden yang menggunakan produsen mobil lokal Rusia untuk mengembangkan mobil dinas kepresidenan. Perusahaan ZIL yang membangun mobil untuk putin dibawah Central Scientific Research Automobile dan Automobile Engines Institute (NAMI), diperintahkan Putin untuk membangun mobil kepresidenan.

Sisi keamanan yang dimiliki Aurus sama dengan The Beast yakni mampu menahan peluru dan bom. Sektor pacu Aurus dilengkapi oleh V8 bensin hibrida 4.4 liter. Mesinnya sendiri dibekali turbocharged untuk menghasilkan 598 hp dan 880 Nm torsi, dan motor listrik memasok tambahan 40 hp.

Perbedaannya, Aurus merupakan model yang dijual bebas, versi bodi anti peluru juga bisa dipesan konsumen.

 

Hongqi L5 Limousine

Presiden China Xi Jin Ping dalam tugas kedinasannya menggunakan mobil Hongqi L5 Limousine. Hongqi sendiri dikenal sebagai produsen mobil Limousine China yang sudah cukup lama. Hongqi L5 Limousine merupakan model L series yang pernah dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan presiden.

Tidak diketahui sistem keamanan yang terdapat di Hongqi L5 Limousine ini. Mesin yang harus memindahkan semua kilo itu adalah V12 6.0 liter, dengan tenaga mesin yang cukup besar sayangnya itu tidak terlalu kuat, Outputnya mencapai 408 horsepower dan 550 Newton meter.

 

Hyundai Equus VL500

Presiden Korea Selatan Moon Jae in menggunakan mobil dinas kepresidenannya dari model Hyundai Equus VL500. Mobil ini juga diklaim memiliki keamanan tahan peluru, khusus spesifikasi yang digunakan presiden Moon Jae.

Mobil ini dibekali mesin V8 bertenaga 429 hp yang disalurkan melalui transmisi matik delapan percepatan. Hyundai Equus merupakan model yang cukup mewah dari beberapa model Hyundai lain.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement