Share

Penderita Mag Jangan Sarapan dengan Roti Tawar, Ini Bahayanya!

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 16 Oktober 2018 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 16 298 1964788 penderita-mag-jangan-sarapan-dengan-roti-tawar-ini-bahayanya-6egf1DpyvE.jpg Roti Bakar. (Foto: Cookpad)
A A A

MEREKA yang memiliki masalah mag sudah pasti mesti memerhatikan apa pun yang dikonsumsi. Sebab, dari apa yang Anda makan bisa menjadi sumber masalah dan memperburuk kondisi mag.

Oleh karena itu, penderita mag sedikit pemilih dalam hal menu makanan, juga saat menyantap sarapan. Kebanyakan dari kita mungkin aman mengonsumsi roti tawar sebagai kudapan pagi, tapi ternyata untuk penderita mag itu sesuatu yang buruk!

Seperti dijelaskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, roti tawar terbukti memperparah kondisi mag. "Roti tawar yang terbuat dari ragi biasanya bisa memperburuk pasien sakit maag," katanya pada Okezone melalui pesan singkat, Selasa (16/10/2018).

Baca Juga: Aurel Hermansyah Tampil Seksi dengan Dress Hijau Neon, Lekuk Tubuhnya Menggoda!

Lebih jelasnya, Dr Ari menuturkan bahwa ragi dapat memicu produksi gas berlebih di dalam lambung. Jika bahan makanan ini dikonsumsi orang yang mengalami pembengkakan lambung, gas berlebih tersebut akan memicu kambuhnya mag. Pada orang yang sehat pun, konsumsi makanan beragi yang terlalu sering bisa memicu gejala mag, seperti perut kembung.

Dia melanjutkan, selain makanan yang mengandung ragi, penderita mag sebaiknya menghindari sayur kol dan sawi yang juga terbukti dapat memicu gas. Tidak hanya itu, makanan berlemak seperti cokelat dan full cream juga diusahakan tidak dikonsumsi. "Makanan pedas, asam, dan bersoda juga harus dihindari," sambungnya.

Lantas, apakah roti tawar yang terbuat dari gandum memiliki efek yang sama dengan roti tawar yang terbuat dari ragi?

Baca Juga: Sudah 6 Tahun Menikah Wanita Ini Masih Perawan, Kok Bisa?

"Kalau roti gandum masih bisa ditoleransi oleh para penderita mag. Roti gandum lebih aman. Hal ini berkaitan dengan tidak adanya efek ragi yang terlalu tinggi dalam roti gandum dan ini bisa menjadi alternatif lain untuk tetap bisa makan roti," paparnya.

Selain roti gandum, dr Ari juga menambahkan kalau untuk sarapan, penderita mag bisa menyantap bubur yang juga tidak memberikan dampak buruk pada lambung. So, dengan mengetahui kandungan dalam makanan yang akan Anda santap, tentu ini menjadi pencegah atau pengendali masalah kesehatan ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini