Share

Roti Tak Sekadar Bahan Pangan Tapi sebagai Sakramen Ekaristi bagi Umat Katolik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Selasa 16 Oktober 2018 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 16 298 1964797 roti-tak-sekadar-bahan-pangan-tapi-sebagai-sakramen-ekaristi-bagi-umat-katolik-13RhYehG5C.jpg Roti Ekaristi (TheTakeout)
A A A

ROTI merupakan sebuah makanan pokok pengganti nasi yang sangat populer di dunia. Tak hanya untuk dikonsumsi dan menjadi makanan pokok manusia, roti rupanya kerap digunakan dalam upacara keagamaan. Ya, salah satunya adalah dalam sakramen ekaristi umat katolik.

Meski pun demikian roti yang digunakan dalam sakramen ekaristi umat Katolik tidaklah sembarangan. Melansir dari Katolisitas, Selasa (16/10/2018), Romo Boli Udjan, SVD mengatakan bahwa Gereja Katolik telah mengikuti dan mempertahankan tradisi orang Yahudi yang juga diikuti oleh Yesus pada malam perjamuan terakhir.

 Baca juga: Cantiknya, Bumil Meghan Markle Berbusana Putih

Roti Ekaristi (Dowiary)

Yesus menggunakan roti tak beragi pada perjamuan paskah tahunan. Latar belakang perayaan ini adalah Pesta Roti Tak Beragi yang dibuat oleh orang Israel ketika menjadi kaum sedenter karena mulai menerap dan mengolah tanah pertanian untuk kelangsungan hidup mereka.

Upacara pesta roti tak beragi tersebut dibuat pada musim semi bulan pertama dan berlangsung selama satu pekan mulai dari hari pertama sampai hari kedelapan. Dipilihnya angka delapan karena ini adalah angka yang melewati kurun historis dan simbol dari keabadian.

 Baca juga: Intip 4 Gaya Busana Habib Bule , Habib Bahar Smith yang Ditolak Masuk Manado

Seiring berjalannya waktu, roti tak beragi makin sering digunakan dalam perjamuan karena memiliki beberapa kelebihan. Roti ini tidak cepat rusak dan berjamur. Hal inilah yang membuat roti tak beragi cocok sebagai tubuh kristus yang merupakan makanan surgawi untuk kehidupan kekal.

Redemptionis Sacramentum, menjelaskan secara gamblang mengapa roti tak beragi dipilih sebagai tubuh kristus dalam perayaan ekaristi umat Katolik. Roti tak beragi tersebut harus murni dan tidak boleh dicampur dengan apapun.

Roti Ekaristi (Thecatholicchurch)

 Baca juga: Cobalah Menu Baru Dalam Berhubungan Seks, Kali Ini Dinamakan Posisi Ice Cream!

“Roti yang dipergunakan dalam perayaan kurban Ekaristi Mahakudus harus tidak beragi. Semuanya harus terbuat dari gandum dan baru dibuat sehingga menghindari bahaya basi. Karena itu roti yang dibuat dari bahan lain, sekalipun dari butir padi atau yang dicampur dengan suatu bahan lain yang bukan gandum sedemikian rupa sehingga orang tidak lagi memandang itu sebagai roti, tidak merupakan bahan sah untuk dipergunakan pada Kurban dan Sakramen Ekaristi,” menurut Redemptionis Sacramentum poin ke-48.

“Adalah pelanggaran berat untuk memasukkan bahan lain ke dalam roti untuk Ekaristi, misalnya buah-buahan atau gula atau madu. Tentu saja hendaknya hosti-hosti dikerjakan oleh orang yang bukan hanya menyolok karena kesalehannya, tetapi juga trampil dalam hal mengerjakannya seraya diperlengkapi dengan peralatan yang sesuai,” tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini