Share

Cara Mengasah Kemampuan Matematika Anak di Zaman Sekarang

Utami Evi Riyani, Okezone · Selasa 13 November 2018 21:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 13 196 1977416 cara-mengasah-kemampuan-matematika-anak-di-zaman-sekarang-T4wSI3YR5T.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
A A A

PELAJARAN matematika dari dulu sampai sekarang masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian siswa di sekolah. Biasanya orangtua rela membayar guru les privat matematika agar kemampuan matematika anak mengalami peningkatan di sekolah.

Namun seiring berkembangnya zaman, kini Anda juga bisa mengasah kemampuan matematika anak melalui olimpiade. Olimpiade yang dimaksud bukanlah olimpiade dari lembaga sekolah, tetapi melalui lembaga pendidikan non-formal. Dengan cara demikian, kemampuan otak anak dalam hal matematika bisa diasah.

Salah satu olimpiade yang baru-baru ini diadakan di Indonesia adalah Eye Level Math Olympiad yang digelar oleh Eye Level serentak di seluruh dunia. Olimpiade ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak 2004, namun Indonesia baru berpartisipasi sejak 2007.

 (Baca Juga:Mengulik Keindahan Stone Town, Kota Kelahiran Freddie Mercury di Zanzibar-Tanzania)

“Eye Level Math Olympiad 2018 ini dilakukan serempak di seluruh Eye Level di dunia hari ini. Di Indonesia juga dilakukan secara bersamaan di beberapa kota besar, seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Jogja dan lain-lain,” ujar Leo, Ketua Pelaksana ELMO 2018 di BSD, Tangerang Selatan, Sabtu, 10 November 2018.

Olimpiade tersebut diikuti oleh hampir 800 peserta di Indonesia. Sebanyak 500 peserta di antaranya berada di wilayah Jabodetabek yang digelar di Sampoerna Academy di BSD. “Sisa peserta melaksanakan ELMO 2018 ini di learning center kami di beberapa kota besar di Indonesia,” lanjut Leo.

 (Baca Juga:10 Cara Meredakan Stres agar Lebih Rileks)

Eye Level Math Olympiad merupakan lomba matematika berbahasa Inggris yang diadakan setiap tahunnya yang diperuntukkan bagi anak-anak kelas 1 sekolah dasar hingga kelas 8 sekolah menengah pertama. Soalnya pun memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dan materi soalnya berisikan Basic Thinking Math (BTM) dan Critical Thinking Math (CTM) yang menjadi materi pembelajaran dari Eye Level.

 

Bagi para orangtua peserta, olimpiade matematika seperti ini sangat dibutuhkan untuk untuk melatih anak percaya diri dalam berkompetisi dan mengasah kemampuan anak dalam berhitung dan berbahasa Inggris.

“Saya senang dengan adanya olimpiade matematika internasional ini, anak saya jadi lebih percaya diri sekaligus mengasah kemampuan matematikanya. Saya enggak minta anak saya harus jadi juara, karena dengan anak saya berhasil menyelesaikan seluruh soal saja saya sudah bangga. Juara mah hanya bonus itu urusan belakangan. Semoga lomba matematika internasional seperti ada terus agar kita para orang tua jadi mengetahui kemampuan berhitung anak,” ungkap Novi, salah satu orangtua peserta.

Setelah olimpiade berlangsung, seluruh jawaban akan dikirim ke Eye Level Pusat di Korea Selatan untuk melakukan penilaian. Selanjutnya pengumuman pemenang akan diumumkan serempak di seluruh dunia pada Desember 2018 mendatang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini