Share
Advertisement

5 Teknologi Jadul Ini Pernah Berjaya pada Masanya, Apa Saja?

Cut Annisa Embun Sari , Jurnalis-Senin 26 November 2018 17:05 WIB
Ilustrasi (Foto: The Independent)
Ilustrasi (Foto: The Independent)
A
A
A

JAKARTA - Ada banyak perangkat teknologi inovatif yang diluncurkan beberapa dekade lalu. Meski belum secanggih perangkat-perangkat teknologi yang hari ini beredar di pasaran, namun pada masa itu jajaran perangkat jadul (jaman dulu) sangat bermanfaat dan mampu menghipnotis banyak konsumen.

Apa saja perangkat jadul yang sudah tergantikan teknologi sekarang? Berikut Okezone memberikan beberapa perangkat jadul yang sudah tergantikan dan sempat berjaya pada masanya.

1. Pager (Radio Panggil)

Alat komunikasi ini ditemukan tahun 1956 oleh dokter-dokter Multitone Electronic di Rumah Sakit St. Thomas London yang sedang bertugas dalam kondisi darurat.

Di Indonesia, pager muncul di tahun 1990-an dan memiliki sekira 800.000 pelanggan. Dengan bunyi “Tididit”, menandakan ada satu pesan singkat baru yang masuk.

Pengiriman pesan dilakukan dengan menghubungi operator dari telefon rumah, menunjukan ID penerima pesan dan memberi tahu pesan yang akan disampaikan ke operator.

Seiring berkembangnya teknologi, keterbatasan dan kecepatan dalam penyampaian pesan membuat pager akhirnya digantikan oleh smartphone. Meskipun, sebenarnya pager belum punah karena masih digunakan di beberapa pekerjaan sosial seperti rumah sakit atau petugas pemadam kebakaran.

 

Baca juga: 5 Smartwatch Terbaik dengan Fitur Canggih, Apa Saja?

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement