Share

Revitalisasi Sungai Citarum, Menko Luhut: Kita Akan Buat Danau

Taufik Fajar , Okezone · Jum'at 07 Desember 2018 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 07 320 1988348 revitalisasi-sungai-citarum-menko-luhut-kita-akan-buat-danau-2vf4U0OGGy.jpg Menteri koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Sungai Citarum sangat memprihatinkan dan merupakan sungai terkotor kedua di dunia. Menyadari bahwa kelestarian sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat ini merupakan tanggung jawab pemerintah pusat maupun Pemda setempat. Bahkan seluruh masyarakat yang bermukim di Jawa Barat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah saat ini terus berupaya untuk mempercepat revitalisasi dan rehabilitasi Sungai Citarum. Di mana salah satu caranya dengan pembuatan danau seluas 10 hektar.

Baca Juga: Menko Luhut: Perjuangan Kita Melawan Kemiskinan, Kebodohan hingga Stunting

"Kita (Pemerintah) akan membuat danau di sekitar sungai Citarum. Dan melakukan peninggian bantaran sungai, sesuai usulan kepala daerah di Jawa Barat," ujarnya di Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Dia menjelaskan, bahwa pembuatan danau itu, nantinya akan bekerjasama dengan pemerintah daerah. Di mana pembuatan danau tersebut memiliki beberapa manfaat.

 luhut

"Seperti menjadi penampung air bersih dan juga salah satu solusi dalam mengatasi banjir yang kerap melanda Bandung," tuturnya.

Dia menuturkan, anggaran untuk pembuatan danau, nantinya akan diatur baik dari pemerintah pusat maupun Pemda.

"Dana nantinya bisa dari pusat, bisa dari daerah. Tidak ada masalah itu. Tinggal sinkronisasi saja," pungkasnya.

Baca Juga: Cerita Menko Luhut soal Bisnis Kain Ulos yang Dibayangi Tauke

Sebelumnya, dalam rangka mensukseskan Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III telah menetapkan Koordinator Sektor pada pelaksanaan Program di Lingkungan LL Dikti Wilayah III.

Universitas Mercu Buana, selaku Koordinator Sektor 18 Program Citarum Harum bersama 8 Perguruan Tinggi lain (UHAMKA, UMJ, UKI, UNKRIS, LSPR, Univ. MH Thamrin, STIAMI, Universitas Mpu Tantular) telah melakukan pelbagai kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat di lingkungan Sektor 18 dalam menjaga ekosistem dan kebersihan lingkungan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini