Share

10 Perbedaan Mobil Zaman Dahulu dan Zaman Now

Inews, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 10 15 1989136 10-perbedaan-mobil-zaman-dahulu-dan-zaman-now-4BXFUHJVAK.jpg (Foto: Popular Mechanics)

JAKARTA - Wujud mobil sejak diciptakan sekira 100 tahun lalu hingga kini terus berevolusi seiring dengan perkembangan zaman. Teknologi mobil pun berkembang kian canggih.

Sebut saja sistem pengabutan injeksi, nirsopir, dan bahkan mobil terbang. Dikutip dari Popular Mechanics, berikut adalah 10 inovasi yang membedakan mobil zaman dahulu dengan kendaraan modern saat ini.

 

1. Fender Tertutup

Bayangkan jika mobil masih mengadopsi desain fender terbuka seperti di film zaman dulu. Suara roda luar dan getaran terasa.

Mobil zaman sekarang semua fendernya tertutup. Sisi aerodinamis mobil menjadi semakin membaik, suara jalanan teredam, dan getaran berkurang. Inovasi ini diawali oleh pengenalan 202 pada 1946 oleh perusahaan Cisitalia asal Italia.

2. Kelistrikan

Mobil pertama yang mengadopsi kelistrikan adalah Lancia Theta lansiran 1913. Meski hanya mengadopsi listrik di bagian elektrik stater dan lampu, sejak itu, semua berkembang pesat.

Fuel injection yang dikembangkan oleh Bosch diperkenalkan awal 1960-an. Electronic control unit dan sensor dapat memantau performa mesin dan diatur secara langsung, sehingga efisiensi mesin membaik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Mesin Berpenggerak Roda Depan

Konfigurasi mesin depan dengan penggerak roda depan menjadi konfigurasi yang umum digunakan. Awalnya, insinyur Citroen, Saab dan DKW sadar dengan menempatkan mesin dan transmisi di depan dengan penggerak roda depan, dapat mengoptimalkan kabin serta meningkatkan traksi.

 

4. Crumple Zones

Keberadaan crumple zones dimulai tahun 1950-an, saat mobil rigid dianggap kurang memadai. Adanya crumple zones, rangka sanggup menyerap energi tabrakan dan menjauhkannya dari penumpang.

5. Baja Berkekuatan Tinggi

Fitur keselamatan tak ada artinya tanpa kehadiran baja berkekuatan tinggi. Semakin canggih metalurgi, membuat pabrikan dapat menciptakan rangka dengan beragam kelebihan, seperti mudah dibentuk, tahan karat, dan berbobot lebih ringan.

Bahkan, sekarang ada pilihan bodi serat karbon, yang lebih kuat dan ringan dari baja. Teknologi ini biasanya digunakan mobil sport.

6. Teknologi Hybrid dan Electric

Siapa bilang mobil hybrid tidak ada di zaman dahulu. Ternyata, mobil hybrid sudah ada sejak 1901 dengan kehadiran Löhner-Porsche yang menggunakan generator bensin untuk menyuplai dua motor elektrik.

7. Navigasi GPS

Navigasi GPS pada mobil, pertama kali diperkenalkan pada 1990. Beberapa pabrikan mobil kini menawarkan sistem infotainment yang dapat terhubung dengan smartphone dan menampilkan sistem navigasi.

 

8. Adaptive Cruise Control

Sistem pendukung berkendara berbasis radar pertama kali diperkenalkan pada 1992. Sejak itu, sistem serupa semakin berkembang dan mudah digunakan.

Kini, teknologi adaptive cruise control secara otomatis akan mengurangi kecepatan saat kendaraan di depan menurunkan kecepatan. Sebaliknya, jika kecepatan di depan meningkatkan kecepatan, maka mobil kita akan semakin cepat juga. Beberapa sistem bahkan bisa melewati kondisi lalu lintas stop and go.

9. Active Aerodynamics

Pada masa keemasan motorsport di tahun 60-an, tim balap mobil mengenal dunia aerodinamis. Jim Hall dari Chaparral Racing menjadi yang pertama menggunakan sayap yang bisa diatur, downforce-generating bodywork, dan kipas yang meningkatkan downforce.

Kini, banyak mobil yang mengadopsi active aerodynamic untuk meningkatkan downforce.

10. Transmisi Otomatis Semakin Membaik

Transmisi matik awalnya dikenal sebagai transmisi yang menyebalkan. Boros, lambat, tidak responsif, menjadi masalah pada transmisi matik pertama kali diperkenalkan.

Kini, hal tersebut tak lagi berlaku. Misalnya, transmisi dual-clutch yang diadopsi dari mobil balap era 90-an membuat transmisi otomatis lebih cepat dan menyenangkan.

Transmisi otomatis lainnya yang menyenangkan adalah continuously variable transmissions yang memberikan rasio gear melimpah dan konsumsi bahan bakar lebih efisien.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini