Share

Ekspor Perikanan RI Tembus USD5 Miliar, Udang Jadi Primadona

Feby Novalius , Okezone · Senin 10 Desember 2018 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 10 320 1989415 ekspor-perikanan-ri-tembus-usd5-miliar-udang-jadi-primadona-ZuoJrGuOkl.jpg Ilustrasi: Foto Okezone
A A A

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat ekspor hasil perikanan jelang akhir tahun 2018 mencapai USD5 miliar atau naik 10 % dari tahun 2017 yang sebesar USD4,52 miliar. Ekspor udang pun masih menjadi primadona hasil perikanan yang dijual ke luar dengan volume 180.000 ton atau USD1,8 miliar.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan perikanan (PDSPKP) KKP Rifky Effendi Hardijanto mengatakan, dalam dua hingga tiga tahun mendatang akan terus berupaya mendongkrak peningkatan ekspor udang nasional.

“Target kami bisa meningkatkan ekspor udang agar nilainya bisa mencapai USD2,8 miliar untuk dua atau tiga tahun ke depan,” terangnya dalam keterangan tertulis KKP, Jakarta, Senin (10/12/2018).

 Baca Juga: Menteri Susi Jadikan Udang Andalan Ekspor Produk Perikanan

Lebih jauh Rifky menjelaskan, agar bisa mencapai nilai ekspor udang sebesar USD2,8 miliar, dibutuhkan tambahan volume ekspor udang sebesar 100.000 ton. Untuk itu, PDSPKP tengah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP untuk bisa meningkatkan produksi udang budidaya dalam negeri.

"Selama ini produksi udang budidaya merupakan penyumbang terbesar ekspor udang nasional yang mencapai 80% dari sisanya dari perikanan tangkap," imbuhnya.

Selain menggenjot produksi udang, KKP juga menggenjot produksi ikan lainnya seperti tuna yang berada di urutan kedua terbesar penyumbang ekspor. Kemudian untuk cakalang dan tongkol di urutan kelima dan rumput laut di urutan keenam dari segi nilai ekspor tapi kedua dari segi volume.

Baca Juga: Ekspor Perikanan RI USD143 Juta Tembus Pasar Korsel

Adapun untuk pangsa pasar, Amerika Serikat (AS) masih menjadi pasar tujuan ekspor udang terbesar Indonesia. Dan di AS ekspor udang dari Indonesia merupakan yang terbesar kedua setelah India.

Selain AS, Eropa juga masuk dalam pangsa pasar udang kita. Saat ini, Indonesia berada di urutan ke-16 pengekspor udang ke benua biru tersebut. Dengan nilai USD84 juta saja dari pasar udang Eropa.

Padahal tahun lalu, nilai pasar ekspor udang Uni Eropa mencapai USD6 miliar, tapi Indonesia hanya mampu meraup sebesar. “Selain AS, Eropa sangat besar peluangnya, makanya harus kita garap maksimal mulai tahun depan,” tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini