Share

Pemprov DKI Berencana Bangun ITF di TPST Bantargebang

Fadel Prayoga , Okezone · Rabu 16 Januari 2019 22:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 16 338 2005468 pemprov-dki-berencana-bangun-itf-di-tpst-bantargebang-PzSAfmLkdA.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pihaknya berencana membangun fasilitas sampah yang menghasilkan energi listrik atau Intermediate Treatment Facility (ITF) di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di Bantar Gebang, Bekasi. Hal itu bertujuan untuk mengurangi volume sampah yang ada di sana.

“Salah satu opsi (membuat ITF di TPST Bantargebang). Jadi kita buka saja semua opsi,” kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, (16/1/2019).

Anies menerangakan, pihaknya sedang mengkaji dengan beberapa pakar terkait efektif atau tidaknya pembangunan ITF di sana. Ia tak akan memutuskan secara cepat karena itu merupakan proyek besar, sehingga membutuhkan kajian yang mendalam.

 s

“Lihat studinya, studi yang benar, karena apa? Ini menyangkut investasi, nilainya besar. Jadi bukan selera gubernur harus ada ITF atau jangan ada ITF di tempat seperti Bantar Gebang,” kata dia.

Anies menambahkan, seluruh kota di dunia memang sudah banyak menggunakan teknologi ITF untuk menghilangkan sampah menjadi energi listrik. Karena itu akan mengurangi pencemaran lingkungan.

“Saya sudah lihat di beberapa kota besar di negara lain, di mana pun bekas tempat sampah ini ada yang kemudian diolah, dimusnahkan, ada yang tempatnya, lahannya dikonversi. Saya pernah lihat di Seoul itu dikonversi,” ucapnya.

 sa

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini