Share
Advertisement

6 Fakta Robot NASA Opportunity yang Baru Pensiun

Cut Annisa Embun Sari , Jurnalis-Minggu 17 Februari 2019 06:01 WIB
(Foto: Indiatimes)
(Foto: Indiatimes)
A
A
A

JAKARTA - Opportunity atau robot penjelajah Mars milik NASA telah dinyatakan pensiun pada 13 Februari. Robot yang sudah bertugas menjelajahi planet Mars tersebut ternyata sudah menetap di Mars selama 15 tahun.

Selain itu, robot Opportunity juga sudah banyak memberikan informasi tentang tanda-tanda kehidupan di Mars dan sebagainya. Berikut beberapa fakta lain dari robot Opportunity seperti dilaporkan laman NASA.

1. Punya Kembaran

Opportunity telah diluncurkan pertama kali pada 7 Juli 2003 lalu dalam misi Mars Exploration Rovers (MER). Dalam misi ini, NASA ternyata meluncurkan satu robot lainnya atau kembaran Opportunity, yakni bernama Spirit.

Namun, kedua robot ini mendarat di dua sisi Mars yang berbeda pada Januari 2004. Spirit mendarat di Kawah Gusev pada 4 Januari 2004, sedangkan Opportunity mendarat di Meridiani Planum pada 24 Januari 2004.

2. Menunjukan Tanda Kehidupan di Mars

Kedua robot tersebut memberikan banyak informasi untuk astronom tentang kondisi Mars. Mereka memperlihatkan kondisi permukaan Mars yang kemungkinan basah sehingga berpotensi adanya kehidupan seperti di Bumi.

Selain itu, Opportunity juga menemukan adanya batu yang berbentuk buah blueberry yang terbentuk dari air tanah yang memiliki sifat asam. Saat di tepi Kawah Endeavour, robot itu juga menemukan aliran putih yang terbuat dari mineral gypsum yang merupakan tanda bahwa ada aliran air di bawah tanah Mars.

3. Rekor Baru

Awalnya, robot Opportunity hanya ditargetkan untuk menjalankan misi di mars selama 90 hari saja. Namun, misi penjelajahan Opportunity meningkat menjadi 60 kali lebih lama dari waktu yang ditargetkan hingga bisa bertahan selama 15 tahun lamanya di Mars.

Karena itulah Opportunity mencetak rekor baru di luar Bumi sebagai robot penjelajah yang melakukan perjalanan paling panjang. Selama bertugas, Opportunity juga memecahkan rekor perjalanan sejauh 45,16 kilometer.

 

Baca juga: WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Tolak Ajakan Masuk Grup

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement