Share

Kapolda Bali: Tiga Tahun Terakhir, 1.561 Kaum Milenial Alami Kecelakaan

Puteranegara Batubara , Okezone · Minggu 17 Februari 2019 23:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 17 340 2019323 kapolda-bali-tiga-tahun-terakhir-1-561-kaum-milenial-alami-kecelakaan-gCwKuLlBI3.jpg Kapolda Bali Irjen Petrus R Galose
A A A

JAKARTA - Polda Bali mengampanyekan tertib berlalu lintas di Bali dalam acara Milenial Road Safety Festival. Bertepat di Lapangan Bajrasandi Renon, Denpasar, Bali, acara ini dihadiri oleh 80 ribu generasi milenial dan komunitas.

Kapolda Bali Irjen Petrus R Galose mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan lantaran dari data yang berkembang dalam tiga tahun belakangan ini, ribuan generasi milenial menjadi korban kecelakaan.

"Dalam tiga tahun ini di Bali sebanyak 1.561 orang generasi milenial mengalami kecelakaan. 603 meninggal dunia. Ini lebih dari perang di Syria," kata Petrus dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/2/2019).

Petrus mengungkapkan, 55,6 % kecelakaan lalu lintas di Bali dominan oleh kaum millenial. Kapolda mengucapkan terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia atas terselenggaranya kegiatan ini serta generasi mellenial yang telah tertib berlalu lintas.

Menurut Petrus, faktor keselamatan sangat penting bagi generasi milenial. Apalagi, kata Petrus, generasi milenial adalah generasi penerus dan akan memimpin bangsa Indonesia selanjutnya.

"Acara ini untuk melindungi generasi milenial dan calon pemimpin bangsa nantinya," ucap Petrus.

(Baca Juga: Angka Kecelakaan Tinggi, Polda Papua Barat Imbau Milenial Tertib Berlalu Lintas)

Sementara itu, Gubernur Bali I Wayan Koster mengapresiasi kegiatan ini. Ia pun berharap setelah acara ini para generasi milenial menerapkan tertib berlalu lintas di jalanan.

"Apa yang diprakarasai ini harus menjadi teladan dan dilaksanakan agar selamat. Harapannya bangsa Indonesia bisa tertib berlalu lintas," kata Koster dikesempatan yang sama.

Acara ini juga mendapatkan penghargaan rekor MURI, dimana tarian Bali Gemilang dengan peserta 80 ribu orang. Selain itu juga ada pameran mobil klasik dan motor gede serta deklarasi keselamatan berkendara dalam berlalu lintas.

Untuk diketahui, kegiatan ‘Millenial Road Safety Festival 2019’ untuk mengkampanyekan kesadaran cara berlalu lintas di jalan raya kepada generasi millenial berusia antara 16-35 tahun, guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.

(Baca Juga: Wartawan RTV yang Tewas Kecelakaan di Tol Tangerang-Merak Dikenal Pekerja Keras)

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri mengatakan acara ‘Millenial Road Safety Festival 2019’ akan dimulai pada 2 Februari – 31 Maret 2019. Kegiatan diawali dari Jakarta dan dilaksanakan secara bergilir di 34 Polda.

Berdasarkan data Korlantas Polri, angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia sejak 2011-2018 tercatat mencapai 30 ribu jiwa. Korlantas menargetkan pada 2020 mendatang angka kecelakaan bisa ditekan menjadi 15 ribu jiwa.

"Rasanya tidak bisa terwujud, bila tidak dilakukan gerakan moral terhadap kelompok millenial karena korban kecelakaan selama ini didominasi kalangan muda usia 16 sampai 35 tahun,” kata Refdi.

Rencananya acara puncak akan berlangsung di Lapangan Monas, Jakarta, pada akhir Maret 2019 mendatang, dengan melibatkan kaum millenial dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Kegiatan di antaranya seperti touring sepeda motor dan aksi terjun payung.

Baca Juga:

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini