Share

Kisah Para 'Putri Tidur', Ada yang Sampai 300 Tahun!

Adinda Harum, Okezone · Minggu 17 Februari 2019 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 17 612 2019058 kisah-para-putri-tidur-ada-yang-sampai-300-tahun-qGdlKxHWvT.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

TIDUR memang kebutuhan wajib untuk manusia bahkan makhluk hidup. Kurang beristirahat pun diklaim dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Bagi sebagian orang, tidur bukan hanya bentuk relaksasi, tetapi juga sesuatu yang bisa didorong hingga batasnya. Tapi, berbeda dengan beberapa orang ini, mereka malah membuat rekor dengan memiliki jam tidur yang sangat lama.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa rekor dunia dengan tidur terpanjang.

Baca Juga: Wu Chi-yun, Pendaki Gunung Berbikini Tewas Setelah Jatuh ke Jurang

Ashabul Kahfi, tidur selama 309 tahun

Ashabul Kahfi adalah pemuda yang bersembunyi di sebuah gua dari kejaran tentara raja kafir. Kisah Ashabul Kahfi dan 7 pemuda lainnya terjadi di suatu tempat yang dinamakan Gunung Pion (Mount of Pion), telah banyak dikenal olah kalangan muslim sebagai peristiwa yang menakjubkan.

Peristiwa ini pun tertuang dalam surat alquran surat al-kahf/18: ayat 9-26. Ketujuh pemuda beriman itu tertidur di dalam gua selama 309 tahun hijriah atau 300 tahun masehi.

Mereka bersembunyi di dalam gua karena melarikan diri dari kekejaman raja Dikyanus. Lalu, Allah SWT menolong mereka dengan menidurkan tujuh pemuda tersebut selama masa kerajaan yang keji itu, agar terhindar dari kekejaman raja Dikyanus.

Baca Juga: Antre ATM dengan Baju Tipis Tanpa Bra, Wanita Ini Kena Auto Azab!


Uzair, tertidur selama 100 tahun

Sama hal seperti Ashabul yang diceritakan melalui ayat suci alquran, Uzair juga dikisah dalam surat At-Taubah/9:30-31. Dikisahkan, pada suatu hari Uzair sedang melintas di sebuah negeri yang porak-poranda.

Pendapat yang masyhur mengatakan, negeri yang dilintasi itu adalah Baitul Muqaddas, Palestina. Ia melintasinya setelah negeri itu dulunya dihancurkan oleh Bukhtunnashir. Lalu, Allah SWT menyelamatkan ia dengan cara menidurkan Uzair selama 100 tahun lamanya.

Siti Raisa Miranda, tertidur selama 13 hari

Siti Raisa Miranda atau lebih dikenal dengan si Putri Tidur dari Banjarmasin, Indonesia yang tertidur panjang selama 13 hari di 2017. Gadis yang akrab disapa Echa tersebut menjadi populer karena kisahnya telah diunggah di laman Facebook, perjuangan itu sudah berulang kali dalam jangka waktu yang lama. Ternyata, Echa mengidap sindrom Putri Tidur atau Sindrome Kleine-Levin.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kaitlyn Terrana, tertidur selama 10 hari

Kaitlyn Terrana adalah seorang gadis yang memiliki kondisi langka di mana dia tertidur hingga 20 jam sehari bahkan ia pernah tertidur selama 10 hari loh. “Seperti hari sebelumnya, saya mulai merasa sangat lelah dan sangat sulit bagi saya untuk fokus di kelas," katanya dari rumahnya di Winona.

"Dan setelah itu, aku hanya pergi selama 10 hari. Aku harus tidur, aku tidak bisa tetap terjaga," tambah dia,

Setelah diperiksa, ternyata dia terkena Kleine-Levin Syndrome (KLS). KLS adalah sebuah kondisi neurologis langka yang ditandai dengan periode tidur berlebihan. Kondisi ini dikenal juga dengan Sleeping Beauty Syndrome yang membuat penderitanya menjadi lesu, apatis, dan tidak fokus.

Beth Goodier, tertidur selama 22 jam per hari

Beth Goodier didiagnosa mengalami gangguan tidur sindrom Kleine-Levin pada 2011. Sindrom tersebut membuatnya tidur 22 jam setiap harinya selama beberapa bulan.

Setelah didiagnosis, gadis cantik berusia 22 tahun ini pun menghabiskan lima tahun di rumah ibunya di Stockport, Inggris. Beth sanggup tidur seharian dan hanya terbangun jika lapar, haus, mimpi buruk, makan, minum, buang air, lalu tidur lagi sepanjang hari.

Sejak diagnosanya, Beth telah tidur lebih banyak daripada yang dia bangun, tidur melalui banyak hari ulang tahun dan Natal, serta hari libur. Ketika dia bangun, dia tidak ingat dia sakit atau kesadaran bahwa waktu telah bergerak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini