Share

Bisakah eSports Menjadi Mata Pencaharian yang Menjanjikan?

Tiara Putri, Okezone · Sabtu 16 Maret 2019 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 16 612 2030914 bisakah-esports-menjadi-mata-pencaharian-yang-menjanjikan-AvHRJuX0Dj.jpg Para pemain eSports (Foto: Tiara Putri/Okezone)
A A A

Meningkatnya penggunaan smartphone berbanding lurus dengan banyaknya orang yang bermain game online. Bahkan ada beberapa orang yang semakin serius untuk bermain dan mengasah kemampuannya. Hal itu membuat mereka berani mengikuti pertandingan game online yang dikenal dengan istilah eSports. Tak sedikit yang kemudian menorehkan prestasi.

Salah satunya adalah Muhammad Fauzi Filawan. Ditemui Okezone dalam acara grand final eSports Free Fire, Sabtu (16/3/2019), dia mengaku telah bermain game online sejak usia 4 tahun. Kini dia bersama dengan timnya tengah berjuang untuk memenangkan pertandingan eSports. Tentunya banyak persiapan yang dilakukan.

 

“Saya menekuni game ini sejak seasons 1. Untuk persiapan bertanding pastinya saya latihan, siapin mental, sama chemistry bareng teman. Latihannya sendiri kalau bareng tim 2-3 jam tapi kalau individual 5-6 jam,” ujar pria yang akrab disapa Fauzi itu.

 Baca Juga: Sate Buntel, Kuliner Khas Solo Rekomendasi Ganjar Pranowo

Di sisi lain, ia mengatakan jika sudah sering mengikuti kompetisi eSports baik online maupun offline dan beberapa kali menjadi juara.

“Saya ‘kan sudah lama main game, hobi juga, jadi sudah terbiasa. Apalagi ini (bermain game) sekarang menjadi aktivitas utama,” ungkap Fauzi.

Bermain game sejak masih duduk di bangku sekolah, pria berusia 19 tahun itu mengaku jika dirinya tidak pernah mendapatkan larangan dari orangtuanya. Sebab ia selalu berusaha memenuhi kewajibannya.

 

“Orangtua tidak pernah melarang main game, yang penting waktunya sekolah ya sekolah. Kalau enggak ada kegiatan, ya saya bebas mau ngapain, yang penting kewajiban tetap harus dilakukan. Prestasi di sekolah juga lumayan jadi orangtua tidak marah,” tuturnya.

 Baca Juga: 5 Gaya Seksi Barbara Palvin, 'Malaikat' Victoria Secret Paling Gres!

Sekarang ini, ia mengaku orangtuanya mendukung untuk menekuni eSports sebagai aktivitas utama. Lantas, apakah sebenarnya eSports bisa menjadi pilihan mata pencaharian melihat semakin banyaknya orang yang tertarik kepada industri ini? Okezone mencoba mencari jawaban kepada Christian Wihananto selaku Producer Free Fire dari Garena Indonesia selaku penyedia layanan game online. Ditemui dalam kesempatan yang sama, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan eSports akan memberikan keuntungan.

“Pastinya eSports sama seperti semua hal yang kita lakukan. Jika benar-benar dilakukan dengan baik, maka akan memberikan hasil, menjadi mata pencaharian, dan menghasilkan uang. Apalagi eSports bukan untuk semua orang, merupakan jalan bagi mereka yang senang bermain game online untuk menyalurkan bakat ke arah kompetitif,” pungkas Christian.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini