Share

Biar Jago seperti Jess No Limit, Ini 8 Tips Jadi Pemain Esports untuk Pemula

Dito Bagus Wibowo, Okezone · Sabtu 23 Maret 2019 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 23 612 2033971 biar-jago-seperti-jess-no-limit-ini-8-tips-jadi-pemain-esports-untuk-pemula-rblJJ1K5ZH.png Ilustrasi (Foto: Theruckusroom)
A A A

Seberapa banyak kamu tahu tentang e-sport? Buat yang belum tahu, electronic sport atau lebih dikenal E-Sport telah menjelma menjadi lahan bisnis yang menggiurkan. Atlet E-Sport profesional bisa mengantongi hadiah uang ratusan juta rupiah dalam sekali turnamen. Namun kesuksesan menjadi atlet E-Sport tak hanya bermodalkan kemampuan bermain berbasis komputer atau konsol saja.

Buat kamu yang sering main game online khususnya di PC, pasti sering dong dengar game Dota 2, LoL, Point Blank, Mobile Legends, AoV atau Counter Strike? Nah, game-game tersebut termasuk ke dalam e-sport lohh!

Di Indonesia sendiri saat ini mendapat dukungan terhadap eSport yang sangat positif, mulai dengan banyak diadakannya kompetisi dan turnamen, serta dibentuknya organisasi pemerintah yang bertugas mengakomodir kebutuh dari dunia eSport di Indonesia yaitu IeSPA. Maka, untuk kamu yang memang ingin terjun menjadi atlet eSport sekarang adalah waktu yang tepat.

Sama seperti halnya di ibaratkan seperti olahraga, pada umumnya e-sport juga mempunyai turnamen dan liga. Dibutuhkan kerja sama tim dan strategi khusus agar bisa menang melawan lawan yang dihadapi. Untuk menjadi seorang atlet eSport tersebut, kita cukup dengan mengeluarkan biaya yang murah untuk membeli paketan internet.

“Lalu, harus mulai dari mana?” Mungkin ini adalah pertanyaan yang rata-rata akan ditanyakan. Nah, berikut Okezone mengkutip dari beberapa sumber mengenai hal-hal yang bisa kamu gunakan untuk memulai karirmu sebagai atlet eSport.

1. Pilih game yang akan kamu tekuni

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih game apa yang akan kamu kuasai. Apakah kamu suka dengan MOBA, FPS, Fighting, Sports, atau yang lainnya. Langkah awal ini yang akan menjadi penentu seberapa besar kesempatanmu untuk masuk ke dalam dunia eSport-nya. Perhatikan juga potensi kompetitor dan peluang untuk menjadi pemain profesional kelas dunia.

infografis

2. Giat dalam latihan

Berlatihlah setiap hari untuk menambah "jam terbang". Pelajari seluk beluk sebuah permainan secara teliti. Berapa lama waktu untuk latihan perhari? Sebuah manajemen pemain eSport profesional di Indonesia mewajibkan 8 jam latihan konstan setiap hari untuk seluruh atlet yang bernaung dalam manajemen. Terbukti beberapa atlet dalam manajemennya berhasil menjadi pemain eSport professional di Asia dengan penghasilan yang membuat kita berdecak kagum.

3. Memiliki motivasi

Ada kalanya, kamu akan merasa sangat sulit untuk meningkatkan kemampuanmu di dalam game yang kamu tekuni. Namun, jangan langsung merasa gagal dan patah semangat. Seorang pemain profesional harus mempunyai motivasi untuk menjadi seorang juara. Terima kekalahan dengan lapang dada, berjanjilah pada diri sendiri akan berlatih lebih giat dan pelajari kekalahan tersebut.

esports

4. Jaga Pola Hidup Sehat

Hindari tidur terlalu larut, istirahat yang cukup dan konsumsi makanan dan minuman yang kiranya berdampak positif bagi tubuh. Pola hidup sehat akan memberi manfaat dan stamina prima bagi seorang pemain professional.

5. Bergabunglah di komunitas

Ketika kamu sudah mulai menguasai permainan, mulailah bergabung di komunitas-komunitas dari game tersebut. Kamu bisa mencari komunitas game tersebut di berbagai forum, mulai forum esport terbuka di reddit untuk kamu yang ingin gabung di komunitas Internasionalnya, hingga forum milik IeSPA di Liga game. Dari sini kamu bisa berkenalan dengan berbagai orang dan kamu juga bisa sekalian bertanya tips dan trick, info terbaru, dan lain sebagainya. Disamping itu tidak ada salahnya kan memperbanyak kenalan.

infografis

6. Persiapkan peralatan

Meskipun banyak yang bilang bahwa “Yang penting itu skill, bukan peralatannya” tapi bukan berarti bahwa membeli perlengkapan gaming itu hal yang remeh. Tapi posisikan perlengkapan yang kamu beli nantinya adalah pendukung dari permainmu. Kamu tidak perlu membeli perlengkapan seperti mouse, keyboard, mousepad, dan headset yang terbaik dan termahal. Yang penting sesuaikan dengan kebutuhan dan nantinya akan mempermudah permainanmu. Carilah referensi dan review terlebih dahulu sebelum membeli, apabila memungkinkan datangi toko dan coba dahulu perlengkapan yang akan kamu beli apakah sudah sesuai atau belum.

7. Cari atau Bentuk Timmu

Ketika semua latihan telah kamu lakukan, kamu akan mendapat reputasi dari game yang kamu tekuni tersebut. Reputasi tersebut bisa berupa poin MMR di Dota 2, ataupun Ranking di dalam CS:GO. Coba carilah referensi kualifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk debut professional dari game yang kamu tekuni. Dari situ kamu kini bisa memulai langkah profesionalmu ke tingkat lebih lanjut dengan masuk ke dalam sebuah team.

Kamu bisa saja membuat team sendiri dengan teman-teman yang kamu percaya, atau jika kamu memang sangat hebat, maka team professional sendiri yang akan merekrutmu. Kamu juga bisa menggunakan komunitas yang kamu ikuti untuk membantumu mencari team yang tepat.

8. Coba Ikuti Turnamen Lokal

Saat kamu dan team mu telah menemukan chemistry dan mampu bermain bersama secara maksimal. Kamu bisa mulai mengikuti beragam turnamen yang diselenggarakan. Perbanyak jam terbang kompetisi. Asah terus kemampuan teammu dan bangunlah reputasi team melalui turnamen lokal.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini