Share

KTM Bersikukuh Perangkat Anyar Ducati Ilegal

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 25 38 2034789 ktm-bersikukuh-perangkat-anyar-ducati-ilegal-HrRv7HMwEH.jpg Tim KTM Red Bull. (Foto: Laman resmi MotoGP)
A A A

MATTIGHOFEN – Protes keempat tim soal perangkat aerodinamis baru yang terpasang di motor Ducati masih terus berlanjut. KTM sendiri bersikukuh bahwa perangkat berbentuk winglet yang terpasang di ban belakang motor anyar Ducati itu ilegal. Hal ini diutarakan oleh manajer Tim KTM Red Bull, Mike Leitner.

Leitner yakin perangkat tersebut ilegal lantaran melanggar aturan yang ditetapkan pihak penyelenggara MotoGP. Apalagi, menurutnya, winglet tersebut tak benar-benar berfungsi untuk mendinginkan ban motor seperti yang diklaim Ducati sejauh ini.

Andrea Dovizioso

Meski begitu, Leitner tetap bakal menantikan keputusan yang dikeluarkan pihak penyelenggara MotoGP soal ilegal atau tidaknya perangkat tersebut. Pengumuman sendiri rencananya bakal dilakukan pada Senin (25/3/2019) atau Selasa 26 Maret 2019.

BACA JUGA: Leitner Tak Bisa Prediksi Keputusan Pihak MotoGP soal Perangkat Aerodinamis Ducati

"Spoiler pada Ducati menonjol, itu dipasang di bawah swingarm. Perangkat itu memiliki tiga sirip dan berada di tengah aliran udara. Jelas dalam aturan bahwa Anda tidak dapat memasang 'perangkat' yang membuat downforce ke tingkat jalan. Hanya dalam tanda kurung dalam peraturan yang Anda dapat mendinginkan ban,” ujar Leitner, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Senin (25/3/2019).

Andrea Dovizioso

“Saya juga bisa mendinginkan ban dengan poros. Ada beberapa cara untuk melakukannya. Ducati sekarang menempatkannya seolah-olah mereka hanya ingin mendinginkan ban belakang. Fakta bahwa sayap ini menghasilkan downforce tidak mereka jelaskan. Itu sebabnya kami memprotes,” tukasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini