Share

Warga Tangerang Tewas Setelah Digigit Semut

Anggun Tifani , Okezone · Jum'at 26 April 2019 00:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 25 338 2048133 warga-tangerang-tewas-setelah-digigit-semut-Hjeg1vKCal.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
A A A

TANGERANG - Rizky Ananda (21) meregang nyawa pada Rabu, 24 April 2019 malam, pasca dirinya mendapatkan gigitan dari seekor semut di rumahnya di Rajeg, Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi yang menangani kasus yang dialami Rizki menyebutkan bahwa Rizki tewas dikarenakan reaksi alergi Shock Anafilaksis, usai Rizky digigit semut.

"Jadi, bukan semutnya itu, tapi reaksi alergi dari Rizki yang menyebabkan ia meninggal. Dimana, pada reaksi tersebut masuk dalam kategori alergi yang parah dan memang berpotensi mengancam nyawa," ujarnya, Kamis (25/4/2019).

Ilustrasi

(Baca Juga: Ajudan Sebut Prabowo Mampu Berbicara dengan Semut)

Dijelaskannya, reaksi yang dialami Rizki usai mendapatkan gigitan semut yakni, gatal dan panas di seluruh tubuh. Selain itu, akibatnya juga membuat Rizki sesak nafas akut. Korban tewas saat dalam perjalanan menuju ke Puskesmas Sepatan.

"Ini memang gejala yang terjadi pada penderita Anafilaksis, kemungkinan ada zat tertentu pada semut tersebut, karena kalau dilihat dari sejarah Rizki, tiga tahun lalu ia pernah digigit tomcat namun, tidak menimbulkan reaksi apapun. Kita juga masih melakukan pemeriksaan lanjut," jelas Hendra.

Sebelumnya, Hendra mengaku mendapatkan foto semut yang mengigit korban. Namun gambar tersebut hanya menampakkan sisi punggung semut, dimana bagian tersebut tidak dapat menunjukkan identifikasi spesies semut.

"Yang difoto bagian punggung waktu itu, bukan foto perut. Untuk menentukan spesiesnya itu, hanya ahli serangga dan perlu gambar bagian perut jadi kita tidak bisa memastikan, tapi mungkin itu semut biasa," ucapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini