Share

Klinik Haji di Arab Saudi Tidak Berikan Obat untuk Jamaah ONH Plus

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 26 April 2019 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 26 398 2048428 klinik-haji-di-arab-saudi-tidak-berikan-obat-untum-jamaah-onh-plus-RMMFfHmPhw.jpg Kepala Pusat Kesehatan Haji (Puskeshaj) Kemenkes Eka Jusuf Singka (Foto: MCH 2019)
A A A

JAKARTA - Jamaah haji khusus atau yang dikenal dengan layanan ONH Plus memiliki manajemen dan operasional yang berbeda dengan haji reguler.

ONH Plus memiliki layanan akomodasi hingga transportasi sendiri. Begitu juga dengan layanan kesehatan di Tanah Suci.

"Kalau mereka (jamaah ONH Plus) ke klinik kita, kita layani. Tapi kalau obat tidak kita berikan," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji (Puskeshaj) Kemenkes Eka Jusuf Singka di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Dia menjelaskan, perusahaan penyelenggara ONH Plus biasanya memiliki pasokan obat sendiri. "Mereka kan semuanya sendiri. Dokter pun mereka ada. Obat juga biasanya bawa sendiri," jelas dia.

Dia menjelaskan, umumnya penyelenggara ONH Plus memiliki strategi tersendiri untuk mengatasi masalah kesehatan jamaahnya. Salah satunya berkerjasama dengan rumah sakit lokal di Arab Saudi.

"Biasanya mereka punya (SOP) sendiri," kata dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini