Share

Ucapkan Doa Ini agar Lisan Terjaga dan Tidak Julid

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 26 April 2019 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 26 618 2048458 ucapkan-doa-ini-agar-lisan-terjaga-dan-tidak-julid-v0d2OLME0o.jpg Panjatkan doa agar lisan terjaga tidak menyakiti hati orang lain (Foto : Opensocietyfoundation)
A A A

Berbicara adalah salah satu cara untuk menyampaikan gagasan, ide pikiran, pendapat, dan lainnya. Dalam berbicara, setiap orang harus memerhatikan tutur katanya. Hal ini supaya orang lain mengerti maksud dan tujuan dari perkataan yang disampaikan. Selain itu, jangan sampai kata-kata yang diucapkan menyakiti hati orang lain.

Bagi Anda yang beragama Islam apabila mengalami kesulitan saat berbicara di hadapan orang banyak atau ingin agar lisan terjaga, Anda bisa mendoakan Doa Nabi Musa. Doa ini terdapat dalam QS Thâhâ 20 : 25-28.

Bunyinya :

رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهَُ

Rabbisyrahlî shâdrî wayassyirlî amrI wahlul uqdatam mil-lisânî yafqahû qaulî.

Artinya: "Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.

perempuan muslim berdoa

Menurut Ustadz Drs. KH. Hasan Bisri, doa ini dapat membuat lisan terjaga dan hati terasa lapang untuk menyampaikan pendapat. Nabi Musa mengucapkan doa ini ketika menghadapi Raja Firaun karena ia merupakan orang yang lidahnya tidak fasih seperti adiknya, Nabi Harun.

"Makanya beliau mohon kepada Allah SWT supaya diberikan kelancaran dalam berbicara. Dalam Islam tatkala mau berbicara di hadapan orang supaya hati lapang, menyampaikan bisa mudah diterima oleh banyak orang, lidahnya enggak kaku dijaga oleh Allah SWT," imbuh Ustadz Hasan.

Selain itu, doa ini bisa menjaga omongan seseorang. Sebab bagaimanapun lidah itu tidak bertulang sehingga perkataan apapun bisa meluncur. Dengan mengucapkan Doa Nabi Musa, diharapkan terhindar dari hal-hal yang perkataannya menghujat maupun memfitnah.

"Kita mudah untuk berkata-kata apapun, kalau tidak terkontrol yang ada emosi. Doa ini bisa menjadi salah satu doa agar omongannya tidak sembarangan," tandas Ustadz Hasan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini