Share

Mengenal Peci Sufi Sundul Langit, Cocok untuk Oleh-Oleh Ramadan

Fathnur Rohman, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 02:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 08 614 2052809 mengenal-peci-sufi-sundul-langit-cocok-untuk-oleh-oleh-ramadan-lCBxwm8wFf.jpg
A A A

BANYAK oleh-oleh khas yang ramai diburu wisatawan saat berkunjung ke Cirebon, Jawa Barat. Namun, khusus untuk bulan suci Ramadan, ada satu barang unik yang wajib dibawa pulang. Barang tersebut adalah peci sufi Sundul Langit buatan Sahron atau yang akrab disapa Mbah Bolong.

Saat ditemui di kediamannya di Desa Lungbenda, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Mbah Bolong menjelaskan, peci sufi sundul langit merupakan peci yang biasa dipakai oleh seorang sufi atau pengikut tarekat. Biasanya, tinggi dari peci sufi berbeda dengan peci biasanya.

"Peci ini berbeda dengan peci pada umumnya. Kita bisa melihat dari bentuk dan tingginya, " jelasnya kepada Okezone.

Mbah Bolong juga mengungkapkan, peci buatannya memiliki beberapa varian model, seperti Hanoman, Darwis, Haqoni, Mesir, Macan, Tughrul, Maroko, maupun khas Betawi. Ia mengaku, sengaja memberi nama 'Sundul Langit', karena peci sufi memiliki ukuran dan tinggi yang berbeda dari peci biasanya. "Karena lebih tinggi, jadi seoalah-olah menyundul langit, " sambungnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Diceritakan Mbah Bolong, ia pertama kali membuat peci sufi pada 2005. Idenya muncul ketika menonton serial TV Turki. Kemudian, ia pun membongkar peci-peci lamanya, lalu dimodif hingga membentuk peci sufi yang memiliki bentuk khas.

Bahkan, ia juga memakai sarung-sarung bekas yang ada di pondok pesantren yang masih bagus. “Saya cuci sarungnya, lalu saya bikin peci sufi. Dan langsung ada yang pesan,” tambahnya.

Peci sufi buatan Mbah Bolong ini sudah dikirm ke Jakarta dan kota-kota luar Cirebon, seperti dari Sulawesi, Kalimantan, Aceh, Lampung, Papua, bahkan luar negeri seperti Malaysia.

"Pernah ada yang pesan dari Turki dan India, tapi karena terkendala bahasa, jadi saya cancel, " katanya.

Mbah Bolong sendiri mematok harga kisaran Rp50 ribu hingga Rp150 ribu untuk peci sufi sundul langit. Ia awalnya berjualan keliling. Namun kini, masyarakat dan wisatawan bisa langsung memesan produknya secara online.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini