Share

Bolehkah Salat Tarawih Sendirian di Rumah?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 02:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 08 614 2053241 bolehkan-salat-tarawih-sendirian-di-rumah-GTkoRN2EKa.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
A A A

Assalamualaikum wr wb,

Pak Ustaz, saya mau tanya perihal salat Tarawih. Kebetulan saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan tambang, dan lokasi masjid di tempat tinggal saya cukup jauh. Nah, yang menjadi pertanyaan saya, apakah saya bisa salat Tarawih seorang diri, tidak berjamaah, dan di lakukan di kamar atau rumah saya sendiri? Terima kasih atas pencerahannya Ustaz Najmi.

 Baca Juga: Bolehkah Makan dan Minum di Antara Waktu Imsak dan Azan Subuh?

Jawaban:

Wa'alaikumsalah wr wb, 

Salat Tarawih itu hukumnya Sunnah, jadi boleh saja jika dilakukan seorang diri di rumah. Hanya saja, alangkah lebih baik jika dilakukan secara berjamaah. Rasulullah sendiri, dalam sejarah hadis tidak pernah Tarawih berjamaah sebulan penuh. 

Beliau punya alasan sendiri, karena ditakutkan salat ini nantinya akan menjadi wajib. Kalau sudah diwajibkan bisa jadi ‘berbahaya’ bagi umatnya. Menjaga salat lima waktu saja terasa beratnya, apalagi yang 30 hari. Karena pada dasarnnya Rasulullah mengetahui kemampuan dan kekuatan umatnya. 

Pelaksanaan salat Tarawih satu bulan penuh itu baru dilakukan pada masa Khalifah Umar Bin Khattab.

Ustadz Najmi Fathoni, Mutawwif Al-Malik

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini