Share

Ngabuburit, Sambangi Saja 10 Destinasi Wisata Religi di Jakarta Ini

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 08 615 2052846 ngabuburit-sambangi-saja-10-destinasi-wisata-religi-di-jakarta-ini-J3D6oE7JNg.jpg Jakarta Islamic Center (Foto: Ist)
A A A

Wisata religi merupakan salah satu fenomena yang saat ini mulai digemari masyarakat. selain mendapatkan kesenangan atau hiburan, wisata religi juga akan menambah pengetahuan dan mendapatkan pahala dengan memaknai wisata sebagai ibadah untuk meningkatkan atau mempertebal keimanan.

Selama ini, wisata religi di Jakarta mungkin masih belum banyak terdengar di telinga Anda. Tapi tahukah anda ada 10 tempat wisata religi di Jakarta yang patut kalian kunjungi. Penasaran di mana saja? Berikut ulasannya:

Baca juga :

1. Masjid Istiqlal

Bukan lagi rahasia umum, jika masjid ini banyak dijadikan tujuan wisatawan nusantara untuk melakukan wisata religi. Masjid yang bertempat di Jl.Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta ini menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini dibangun pada 24 Agustus 1961 atas gagasan Menteri Agama KH. Wahid Hasyim dan Anwar Tjokroaminoto Masjid ini dapat menampung 200 ribu orang, selain tempat ibadah masjid ini juga sering di kunjungi wisatawan sebagai tempat wisata religi.

 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Gereja Katedral

Gereja yang mempunyai nama resmi “Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga” ini berlokasi tidak jauh dari masjid istiqlal. Gereja yang mempunyai sejarah yang panjang ini dulu pernah terbakar sehingga tampilan gereja yang sekarang bukanlah tampilan gereja aslinya. Gereja Katedral juga banyak di kunjungi oleh wisatawan untuk wisata religi. Gereja ini diresmikan pada tahun 1810 dan di arsitek oleh Antonius Dijkmans.

3. Makam Habib Hasan Al Haddad (Mbah Priok)

Banyak orang datang ke makam mbah priok ini untuk berwisata religi selain berziarah tempat ini juga juga dijadikan tempat menenangkan jiwa. Makam mbah priok berlokasi di Koja, Jakarta utara. Di area makam terdapat air yang mengalir langsung dari mata air di dekat makam mbah priok yang dipercaya seperti air zamzam. Tak heran banyak orang yang datang dan meminta berkah dari mbah priok.

4. Makam Keramat Habib Kuncung

Tempat wisata religi ini beralamatkan di Jl. Rawajati Timur II No.69, RT.3/RW.8, Rawajati, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Didalam area makam terdapat makam Habib Ahmad bin Alwi Al Haddad. Dia adalah seorang Habib pada jamannya yang mempunyai banyak Karomah. Habib ahmad dulunya sering menggunakan kopiah berbentuk kerucut maka dari situ banyak orang memanggilnya Habib kuncung. Selain Habib Ahmad di situ juga ada makam ketua Majelis Rasullulah yaitu Habib Munzir Al Musawa. Banyak orang dari luar kota maupun dalam kota datang berbondong-bondong datang untuk berwisata religi dan menenangkan jiwa.

5. Makam Al Hawi Condet

Makam yang berada di Jalan Condet Raya No. 44, RT.2/RW.6, Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur ini menjadi pilihan para wisatawan untuk berwisata religi. Disini ada banyak makam para Habib. Salah satunya Habib Muhsin bin Muhammad Al Atas. Selain berziarah wisatawan juga dapat berbelanja berbagai jenis perlengkapan muslim seperti baju muslim,sarung,minyak wangi dan lain-lain yang berada di toko sekitar makam Al Hawi.

7. Makam Habib Ali Kwitang

Berlokasi di Jl. Kembang Raya No.6, RT.1/RW.2, Kwitang, Senen, Kota Jakarta makam ini selalu dipadati wisatawan religi. Makam Habib Ali Bin Abdurrahman berada di dalam masjid Ar-Riyadh. Masjid ini didirikan oleh Habib Ali pada tahun 1938. Karena makam dan masjidnya ada di kwitang maka masyarakat mengenalnya dengan sebutan Habib Ali Kwitang.

8. Jakarta Islamic Center

Jakarta Islamic Center adalah pusat pengkajian dan pengembangan islam yang berada di Kramat Tunggak, Jakarta Utara. Tempat ini merupakan karya dari Ahmad Noe-man. Arsitek yang juga mendesain Masjid At-Tin di Taman Mini Indonesia Indah. Biasanya para wisatawan religi mengikuti berbagai seminar, ibadah salat bersama, dan berbagai program pemberdayaan di sana. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata religi yang patut dikunjungi.

9. Vihara Darma Bakti

Vihara yang dikenal juga dengan nama vihara Im Tek Le atau Kwan Im Teng ini merupakan salah satu vihara tertua. Vihara ini berlokasi di Jalan Kemenangan III, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat dan dibangun pada abad ke-16 oleh seorang letnan Tionghoa bernama Kwee Hoen, banyak wisatawan berkunjung ke vihara ini untuk berwisata religi.

 

10. Pura Aditya Jaya Rawamangun

DiJalan Daksinapati Raya, Rawamangun, Jakarta Timur berdiri sebuah pura indah bernama Pura Aditya Jaya. Pura ini dibangun pada tahun 1970. Pura Aditya jaya merupakan pura kebanggaan umat hindu di daerah Jakarta. Banyak orang berbondong – bonding datang ke pura ini untuk beribadah dan berwisata religi. Suasana Bali sangat terasa di pura ini.

1
9

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini