Share

Awas, Kalap Makan saat Buka Puasa Bisa Bikin Gemuk!

Agregasi Solopos, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 08 616 2052928 awas-kalap-makan-saat-buka-puasa-bisa-bikin-gemuk-7as0hWtH07.jpg Kalap makan saat buka puasa bisa bikin gemuk (Foto: Khaleejtimes)
A A A

Setelah berpuasa, biasanya seseorang akan kalap makan saat buka puasa. Hampir semua makanan di meja ingin dilahap ketika berbuka puasa.

Jangan kalap makan saat buka puasa bila ingin menjadikan Ramadan sebagai kesempatan membuat tubuh jadi lebih sehat.

"Terlalu banyak makan saat Ramadan akan jadi alasan kenapa setelah puasa malah jadi gendut," ujar ahli kesehatan dan nutrisi Maria Charlotte di Jakarta, baru-baru ini.

Terlalu kalap saat buka puasa membuat makanan terlalu cepat masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, perut kembung dan bisa menimbulkan gejala maag.

Buka Puasa

Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk mempraktikkan selective eating, menurut Maria. Seseorang memilih betul asupan nutrisi untuk tubuhnya.

"Pilihan saat puasa, mau sehat atau sesat?" katanya sebagaimana dilansir Antara.

Pilihlah makanan yang dibutuhkan tubuh, bukan sekadar mengikuti hawa nafsu.

Kiat lain agar bebas dari kalap makan saat buka puasa adalah memperbanyak makan serat yang membuat tubuh merasa kenyang. Mengubah pola pikir, lanjut Maria, adalah langkah awal untuk menerapkan gaya hidup sehat. Misalnya, ganti anggapan bahwa perut takkan kenyang bila tidak melahap nasi. Ada banyak alternatif sumber karbohidrat yang lebih baik, salah satunya kentang.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini