Share

Cara Mengatasi Dermatitis Atopik pada Bayi

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 23:01 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Banyak di antara Anda yang mungkin pernah mendengar ungkapan jika kulit bayi lebih sensitif dibanding kulit orang dewasa. Hal ini memang benar adanya. Kulit bayi dapat dengan mudah memiliki tanda merah atau ruam jika terkena gigitan serangga, biang keringat, terlalu lama memakai popok, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, tanda merah tersebut juga bisa dipicu lantaran bayi memiliki alergi. Menurut dokter spesialis kulit, dr Srie Prihianti Sp.KK, PhD, FINSDV, FAADV, alergi biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau pemicu tertentu. Masing-masing orang bisa memiliki pemicu yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Berbicara masalah kulit pada bayi, salah satu yang paling sering terjadi adalah dermatitis atopik atau yang dikenal juga dengan sebutan eczema. Dijelaskan oleh dokter yang akrab disapa Yanti itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan dermatitis atopik. Mulai dari faktor genetik, gangguan barier kulit, hingga faktor lingkungan.

 Bayi dengan pipi merah

"Faktor genetik artinya ada bakat yang diturunkan. Kemudian gangguan barier kulit biasanya terjadi karena kulit kering. Lalu untuk faktor lingkungan pencetusnya banyak, contohnya debu dan lain-lain," jelas dr Yanti kepada Okezone melalui pesan singkat, Kamis (16/5/2019).

Jika anak yang memiliki dermatitis atopik terpapar faktor pemicu maka akan timbul gejala yang meliputi gatal, tanda merah, dan ruam. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mengatasi dermatitis atopik pada bayi. Pertama menggunakan skin care yang sesuai dengan kondisi kulit anak.

"Pilihlah sabun yang berpelembap dan ketika mandi suhu airnya suam-suam kuku. Setelah itu, sehabis mandi gunakan pelembab pada bagian kulit yang kering," tutur dr Yanti.

Terakhir orangtua bisa mengoleskan obat anti radang yang diberikan oleh dokter kulit pada bayi. Gunakan obat tersebut dua kali sehari sehabis memakai pelembap.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)