Share

Patokan Berbuka Puasa, Azan Maghrib di Televisi atau Masjid Sekitar?

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 16 614 2056551 patokan-berbuka-puasa-azan-maghrib-di-televisi-atau-masjid-sekitar-qa3EC794Ld.jpg Ilustrasi (Foto: AboutIslam)
A A A

Tanya:

Assalamualaikum wr wb,

Saya ingin tanya Pak Ustaz, bagaimana patokan berbuka puasa? Apakah boleh berpatokan pada azan Maghrib di televisi atau dari masjid sekitar?

Jawab:

Waalaikumsalam wr wb,

Menurut saya patokan berbuka ialah kalender buka puasa yang dibuat oleh ormas atau lembaga yang memiliki tim ahli di bidang ilmu falak, Seperti NU, Muhammadiyah, atau langsung Kementerian Agama. Televisi tidak bisa menjadi acuan untuk berbuka, masjid pun kadang berpacu pada radio atau tv.

 

Untuk mempermudah, ikuti saja orang-orang sekitar. Karena dalam agama Islam ada istilah Yassiru Wala Tu’assiru yaitu "Permudah jangan dipersulit". Namun jika ingin benar-benar tepat, akurat, dan yakin, cocokkan dengan kalender berbuka puasa itu karena disusun oleh para ulama, pakarnya.

 

Ustaz Fathurrahman.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini