Share

7 Tips Traveling Anti Loyo saat Berpuasa

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 16 615 2056435 7-tips-traveling-anti-loyo-saat-berpuasa-YWbHKhxav2.jpg Traveling saat Berpuasa (Foto: Pixabay)
A A A

Sebagian besar umat Muslim cenderung menghindari traveling saat berpuasa. Menurut mereka, bepergian dalam kondisi berpuasa sangat melelahkan secara fisik maupun mental. Namun, jika karena alasan tertentu Anda terpaksa harus melakukan traveling saat berpuasa, berikut Okezone rangkumkan beberapa tips untuk membantu Anda mempersiapkannya, sebagaimana dilansir dari Traveloka, Rabu (15/5/2019).

Pilih waktu yang tepat

Agar tidak terasa melelahkan, Anda bisa memilih penerbangan setelah berbuka puasa dan mendarat sebelum sahur tiba. Dengan demikian, stamina Anda masih prima untuk melanjutkan puasa. Jika cara ini tidak memungkinkan, cobalah untuk mengatur jadwal keberangkatan dan kedatangan sehingga Anda tidak perlu menyantap makan sahur atau buka puasa di tengah penerbangan.

Perhatikan waktu berbuka puasa

Saat melancong keluar negeri, Anda tidak harus mengikuti waktu puasa di negara keberangkatan atau kedatangan. Misalnya, jika Anda berada di pesawat terbang, Anda bisa berbuka puasa ketika melihat matahari terbenam dari lokasi Anda saat ini. Namun, jika Anda kebetulan berada di suatu tempat dengan waktu berpuasa yang cukup panjang seperti Islandia yang memiliki waktu siang hingga 20 jam, Anda disarankan untuk mengikuti jam puasa Arab Saudi, atau jadwal puasa di negara asal.

Siapkan camilan untuk berbuka dan sahur

Selalu siapkan camilan untuk berbuka dan sahur. Anda tidak akan tahu kejadian tak terduga yang bisa dialami di negara tujuan. Mulai dari penerbangan yang tertunda hingga kemacetan lalu lintas. Dalam hal ini, Anda bisa membungkus beberapa makanan ringan yang mudah dibawa seperti sekantung kacang, kurma, granola, atau sereal. Satu pak biskuit dan jus kemasan juga sangat membantu!

Rencanakan perjalanan sebaik mungkin

Tips selanjutnya adalah merencanakan perjalanan sebaik mungkin. Jangan malas mencari informasi tentang negara tujuan Anda. Selain itu, buatlah itinerary sefleksibel mungkin untuk menghindari rasa lelah yang terlalu berlebihan.

Jangan lewatkan sahur

Kita semua tahu bahwa tidur adalah cara terbaik untuk beristirahat dan menghilangkan rasa lelah. Meskipun demikian, sebaiknya atur jam tidur Anda agar tidak kebablasan saat makan sahur. Ini sangat penting untuk menjaga stamina Anda selama melakukan perjalanan. Konsumsilah makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat kompleks seperti gandum dengan selai kacang, sebotol air putih, dan buah-buahan.

Berbaur dengan penduduk Muslim setempat

Sesampainya di negara tujuan, ada baiknya Anda mencari informasi tentang komunitas Muslim yang ada di tempat tersebut. Bergabunglah dengan mereka saat berbuka puasa dan salat Tarawih. Selain mendapatkan pengalaman baru dan tak terlupakan, para penduduk setempat kemungkinan besar akan memberikan Anda saran atau rekomendasi menarik seputar restoran halal, atau bahkan menawari Anda untuk tinggal bersama mereka.

Unduh aplikasi Muslim

Muslim Pro adaah salah satu aplikasi terbaik untuk para umat Muslim yang memiliki berbagai fungsi. Mulai dari menunjukkan arah kiblat, fitur Alquran digital, memberitahu jadwal salat, dan masih banyak lagi. Untuk mencari tahu restoran-restoran halal, Anda bisa mengunjungi situs Zabihah.com.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini