Share

Mengenal Sosok Pakde yang Sukses Mengislamkan Ratusan Orang

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 16 615 2056570 mengenal-sosok-pakde-yang-sukses-mengislamkan-ratusan-orang-tIzNwseUdZ.jpg Ilustrasi hidayah Islam
A A A

SEBANYAK 29 dai ambassador Dompet Dhuafa telah diutus ke-16 negara. Dalam perjalanan dakwah, mereka mendapatkan banyak inspirasi. Salah satunya Fauzan Akbar Daulay, yang ditempatkan di Timor Leste.

Inspirasi yang fauzan dapat kali ini datang dari dai lokal asal Timor Leste yang sudah lama dakwah. Pakde namanya, atau seperti itu dia sering disapa, telah mengislamkan banyak orang di Timor Leste, Kamis (16/5/2019).

Tangan dingin seorang Pakde menjadi jalan hidayah Allah kepada ratusan mualaf di sana. Tidak ada yang menyangka bahwa dulunya kebencian terhadap Indonesia sangatlah mengakar pada diri seorang Pakde. Bahkan ia juga ikut turun dalam perjuangan Fretilin di usaha kemerdekaan Timor Leste atas Indonesia.

Hidayah itu datang dari arah yang tidak diduga-duga dan Pakde temasuk di antara yang mendapatkanya. Pertemuan dengan sahabat dari Lamongan dan Padang telah mengubah pandangan Pakde terhadap Indonesia dan Islam.

“Pertemuannya dengan teman yang berasal dari Padang dan dai dari Lamongan mengubah 180 derajat pemikirannya. Ia mengucapkan syahadat dan langsung berhijrah menuju Jawa,” ujar Fauzan Akbar Daulay, dai ambassador Dompet Dhuafa di Timor Leste, menceritakan sosok Pakde.

Ragu-ragu bukanlah tipe Pakde. Yakin dengan Islam, membuat Pakde ingin mengenalnya 100 persen. Hijrahnya sampai ke Pulau Jawa, dan ‘nyantri di sana dari 1982 hingga 1990.

Tidak peduli usia yang sudah menginjak 28 tahun ketika pertama mengenal Islam, tapi Pakde bertekad bersungguh-sungguh mempelajari Islam agar bisa dakwah. “Yayasan Taman Pengetahuan menjadi pilihannya. Ia mulai belajar Islam dari dasar. Tak peduli akan umurnya. Padahal saat itu ia sudah 28 tahun, telah menikah dan memiliki anak. Semua ia tinggalkan karena Islam,” tambah Fauzan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selesai delapan tahun menyantri, Pakde pulang kampung ke Timor Leste. Hari-hari Pakde pun diisi dengan terus berdakwah. Membagikan pengalamanya sebagai mualaf terus ia lakukan hingga hari ini. Sudah tidak terhitung berapa banyak orang yang memutuskan masuk islam setelah berdialog dengan Pakde.

“Kiprahnya dalam islam luar biasa. Banyak mualaf diislamkan, lantaran dialog dengan beliau. Tak jarang yang menangis bahkan rela pindah rumah dan meninggalkan keluarga demi belajar Islam,” jelas Fauzan. 

Kini, Pakde sibuk mengurus panti mualaf yang didirikanya di timor Leste. Berisi sekitar 42 oang mualaf yang tidak memiliki tempat tinggal karena memeluk Islam. Usia santrinya juga beragam, mulai dari 7 tahun hingga dewasa.

“Saat ini ada 42 orang di panti beliau. Bukan panti asuhan, namun panti para mualaf yang meninggalkan kampung halaman mereka karena islam. Mulai umur 7 tahun hingga dewasa dirawat dan disekolahkan di dekat masjid An Noor, dekat rumah beliau,” tambah Fauzan.

Dari sosok Pakde, Fauzan sebagai Dai, mendapat banyak pembelajaran. Inspirasi yang dipancarkan oleh Pakde memberikan semangat baru bagi Fauzan untuk ikut berjuang menyuarakan Islam di Timor Leste.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini