Share

UI-Grab Komit Tingkatkan Kapabilitas Teknologi Tanah Air

Wahyu Muntinanto, Okezone · Kamis 16 Mei 2019 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 16 65 2056517 ui-grab-komit-tingkatkan-kapabilitas-teknologi-tanah-air-aQLMC9mUWy.jpg Kerjasama Grab dan Kampus UI (Foto: Wahyu/Okezone)

DEPOK - Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama strategis dengan Grab, dalam rangka mendukung pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di UI. Melalui program Grab Ventures Velocity (GVV), nantinya sejumlah startup binaan UI bisa mendapatkan pengembangan, khususnya bergerak di bidang teknologi, medis, dan sosial.

"Sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, UI memiliki komitmen untuk memajukan bangsa melalui semangat riset dan inovasi. Saat ini, UI juga gencar mendukung mahasiswa untuk menciptakan startup sehingga kelak lulusan kami pun dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Agenda hari ini menjadi salah satu bukti bahwa semangat Wirausaha dan Inovasi UI didukung penuh oleh pemain industri digital yang telah mencapai level Decacorn, Grab," kata Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. kepada Wartawan di Universitas Indonesia Depok, Kamis (16/5/2019).

Baca Juga: 50% Angka Kesakitan di Indonesia Ditengarai dari Polusi Udara

Program ini diperuntukkan bagi civitas akademika UI serta anak muda lainnya di luar UI yang memiliki usaha rintisan, karena startup potensial hasil inkubasi civitas akademika UI nanti akan dibina melalui program bernama Program Akselerator “UI Works” dengan menggandeng Code Margonda sebagai partner penyelenggara.

"Diharapkan, kolaborasi yang sarat dengan teknologi ini dapat menstimulasi semangat berinovasi dan berwirausaha bagi civitas akademika UI untuk menghasilkan startup company berkelas demi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia ke tingkat berikutnya," jelasnya.

UI

Sementara, President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengatakan program Akselerator “UI Works” terbagi menjadi tiga tahapan yaitu Pra-Akselerator, Akselerator dan Demo Day. Pada tahap Pra-Akselerator, calon peserta akan mengikuti serangkaian seleksi hingga pada akhirnya akan terpilih startup unggulan. Selanjutnya, pada tahap Akselerator, peserta akan mengikuti program intensif selama kurang lebih empat bulan untuk mengembangkan startup masing-masing dengan fokus siap komersialisasi.

"Di Grab, kami percaya teknologi memiliki kekuatan untuk menjadikan hidup setiap orang lebih baik. Kerja sama dengan Universitas Indonesia sejalan dengan komitmen Grab untuk Indonesia yang terangkum dalam master plan Grab 4 Indonesia 2020 di mana kami mendukung penuh penciptaan lapangan pekerjaan, peningkatan kapasitas talenta lokal di bidang teknologi informasi, technopreneurship dan inovasi teknologi," imbunya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurutnya, pelaku usaha yang telah berhasil dalam usaha rintisan dan bisnis wirausaha akan diundang untuk melatih peserta. Puncak dari Program Akselerator ialah tahap Demo Day, dimana para peserta binaan akan dipertemukan dengan para investor yang siap membina dan mengembangkan bisnisnya. Sebagai mitra strategis Program Akselerator “UI Works”, Grab Ventures Velocity (GVV) akan berpartisipasi dalam tahap sebagai mentor atau pembicara tamu, dan juga akan mengevaluasistartup unggulan yang lolos tahap selanjutnya untuk mendapatkan kesempatan dibina lebih lanjut dalam GVV program.

"Kami memiliki program Grab Ventures yang sejalan dengan misi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), beserta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang ditujukan untuk menemukan dan mengembangkan pemimpin teknologi generasi berikutnya di Asia Tenggara, sekaligus mendorong inovasi dan digitalisasi. Dengan kerja sama ini, kami harap dapat berkontribusi dalam membentuk wirausahawan bidang teknologi (technopreneur) sehingga mereka dapat mengembangkan solusi teknologi dan menciptakan peluang ekonomi baru di Tanah Air," pungkasnya.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama yang dilakukan oleh Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met serta President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, di Ruang Apung UI Kampus Depok, pada Kamis (16/5/2019).

Penandatanganan kerja sama tersebut juga disaksikan oleh Wakil Rektor UI Bidang SDM dan Kerja Sama Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA; Executive Director Grab Indonesia Ongki Kurniawan; Direktur PPU UI Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati Noerhadi, MDSc., Sp.Ort(K).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini