Share

Liburan Besok, Yuk Kunjungi Lokasi-Lokasi Syuting Serial Game of Thrones!

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 00:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 17 406 2057026 liburan-besok-yuk-kunjungi-lokasi-lokasi-syuting-serial-game-of-thrones-01A1gLG81H.jpeg Kota Dubrovnik, Kroasia. Foto: Shutterstock.

MEMASUKI musim terakhir dari serial yang dinobatkan sebagai serial terpopuler stasiun televisi HBO sepanjang masa, jutaan pasang mata tertuju pada apa yang akan terjadi selanjutnya di King’s Landing, pusat pemerintahan Westeros pada serial Game of Thrones. Serial ini sukses menyedot perhatian warga dunia akan para tokoh maupun konflik yang terjadi, menebak-nebak siapa tokoh yang akan selamat, tokoh yang mati dan yang paling penting, siapa yang akan menduduki Iron Throne di akhir cerita. Keunikan dari twist yang terjadi dalam alur cerita menjadi magnet serial ini sehingga banyak dari penggemarnya tak mau ketinggalan menonton barang satu episode-pun.

Kepopuleran serial Game of Thrones dipercayai sebagai salah satu penyumbang naiknya jumlah wisatawan yang mendatangi lokasi-lokasi syuting serial tersebut. Selain menggunakan latar belakang abad pertengahan dengan kebudayaan Eropa yang kental, tur perjalanan napak tilas Game of Thrones menjadi magnet wisatawan khususnya para penggemar serial tersebut. Dilansir dari Bloomberg, serial Game of Thrones berperan pada naiknya angka pariwisata Dubrovnik sebesar 10 persen pada 2015.

Meski dilakukan di negara-negara yang berbeda, lokasi syuting utama dari serial Game of Thrones berada di negara Kroasia, Spanyol dan Irlandia. Untuk Kings Landing sendiri, syuting dilakukan di Dubrovnik, sebuah kota di Kroasia. Penggemar Game of Thrones pasti sudah tidak asing lagi dengan pemandangan medieval Kings Landing yang menjadi pusat dari Seven Kingdoms. Ploce Gate di Dubrovnik Old Town misalnya, dikenal sebagai tempat Cersei Lannister dihukum dengan melakukan Walk of Shame. Dubrovnik juga memiliki Fort Lovrijenac yang digunakan untuk sebagai lokasi syuting Red Keep, istana yang menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan di Westeros. Selain Dubrovnik, kota SIbenik di Kroasia juga turut menjadi lokasi syuting serial ini, khususnya pada saat pengambilan gambar di area Braavos. Syuting adegan di Iron Bank, misalnya, dilakukan di St Jacob Cathedral di Sibenik. Jika anda penggemar serial ini, berkunjung ke tempat-tempat syuting Game of Thrones tentu akan menjadi pengalaman yang bukan hanya menantang, tapi juga berkesan.

Melalui Traveloka, anda bisa mengatur itinerary perjalanan anda ke Westeros dengan sangat mudah dan gampang. Apalagi, Traveloka adalah satu-satunya Online Travel Agent yang memiliki fitur multi-city, yang bukan hanya bisa menghemat waktu perjalanan tetapi juga bujet liburan anda tanpa harus mengurangi destinasi-destinasi yang bisa anda kunjungi. Mau tahu bagaimana caranya?

Dubrovnik, Kroasia

Kota Dubrovnik yang terletak di Kroasia merupakan salah satu lokasi utama pengambilan gambar dari Kings Landing.

Foto: Shutterstock 

Kota Dubrovnik yang terletak di Kroasia merupakan salah satu lokasi utama pengambilan gambar dari Kings Landing. Arsitektur bangunan yang bernuansa Eropa pada abad pertengahan yang masih kental bukan hanya menarik bagi penggemar serial Game of Thrones saja, tapi juga pecinta sejarah dan arsitektur bangunan.

Di Old Town Dubrovnik, anda bisa melihat jalan yang ditempuh Cersei Lannister saat melakukan Walk of Atonement, yakni di jalan St Dominic serta Ploce Gate. Setelah itu, anda juga bisa ke Fort Lovrijenac yang menjadi tempat pengambilan gambar utama pada adegan-adegan yang dilakukan di Red Keep. Dari Fort Lovrijenac, anda bisa langsung pergi ke lokasi syuting Blackwater Bay yang dilakukan di Dubrovnik West Pier dan Pile Harbor yang menjadi tempat dimana Cersei mengantar kepergian anaknya, Myrcella, untuk berlayar ke Dorne.

Jika anda penasaran dengan lokasi syuting terjadinya The Purple Wedding, dimana Joffrey Baratheon diracun di hari pernikahannya dengan Margaery Tyrell, anda bisa berkunjung ke Gradac Park yang tak jauh dari Fort Lovrijenac.

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi Trsteno Arboretum, yang terletak sekitar 20 menit dari Dubrovnik Old Town. Trsteno Arboretum digunakan sebagai lokasi syuting taman Red Keep dimana Sansa Starks dipanggil untuk berbincang dengan Olenna dan Margaery Tyrell mengenai pernikahan putri dari House of Tyrell itu dengan Joffrey Baratheon. Dari Dubrovnik, anda bisa naik bus selama tiga jam menuju Sibenik dengan harga tiket sebesar 25 euro. Sibenik merupakan lokasi syuting dari Braavos.

Dari Sibenik, anda dapat melanjutkan perjalanan ke Spanyol melalui bandara Zagreb. Untuk menghemat waktu perjalanan, anda dapat menggunakan penerbangan searah dari Zagreb ke Barcelona dengan maskapai KLM maupun Turkish Airlines dengan satu kali transit di Amsterdam atau di Istanbul.

Girona, Spanyol 

Dari Barcelona, anda bisa menggunakan bus menuju Girona selama 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan bus Alsa.

Foto: Shutterstock

Dari Barcelona, anda bisa menggunakan bus menuju Girona selama 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan bus Alsa. Girona merupakan lokasi pengambilan gambar adegan di Great Sept of Baelor di Kings Landing. Penggemar Game of Thrones pasti sudah akrab dengan tempat dimana Cersei Lannister meledakkan High Septons dan para Septa, termasuk Margaery Tyrell, dengan wildfire. Adegan ini diambil di Katedral Santa Maria, Girona.

Osuna, Spanyol

Dari Barcelona anda bisa menggunakan bus maupun kereta menuju Osuna, Spanyol. 

Foto: Shutterstock

Dari Barcelona anda bisa menggunakan bus maupun kereta menuju Osuna, Spanyol. Osuna juga menjadi lokasi pengambilan gambar tanah Mereen, dimana Daenerys dikenal sebagai pembebas budak-budak di kota tersebut. Di Osuna, terdapat lokasi syuting Plaza de Toros de Osuna atau Bullring of Osuna, sebagai arena pertarungan Sons of Harpy di Essos. Osuna juga menjadi lokasi syuting dari adegan-adegan House of Martell di Sunspear, Dorne. Diantaranya, anda bisa mengunjungi The University of Osuna, La Colegiata de Osuna dan Canteras de Osuna sebagai lokasi syuting dari Serial Game of Thrones. Bandara internasional terdekat dengan kota Osuna adalah bandara Barajas, di Madrid.

Agar petualangan anda di dunia Game of Thrones semakin maksimal, tentunya anda harus menyiapkan itinerary yang cukup padat dalam perjalanan ini. Jika anda memiliki waktu yang singkat, tentu anda harus mempertimbangkan waktu perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya bisa memakan waktu berjam-jam terutama apabila anda menggunakan transportasi darat.

Dengan penerbangan Multi-city, anda dapat menghemat perjalanan kembali ke bandara asal. Apabila anda telah berada pada destinasi akhir anda di Sevilla, maka bandara yang paling dekat dengan anda adalah bandara Madrid. Jika anda menggunakan penerbangan dua arah (roundtrip), anda harus mengejar penerbangan kembali ke Dubrovnik, Kroasia, yang merupakan tempat anda mendarat pertama kali. Karena tidak ada penerbangan yang langsung Madrid ke Dubrovnik, anda harus melakukan penerbangan dengan transit selama 8 jam di Istanbul dengan menggunakan maskapai Turkish Airlines.

Dengan penerbangan multi-city, anda hanya perlu membooking rute penerbangan Jakarta- Dubrovnik serta Madrid – Jakarta yang bisa membuat waktu perjalanan anda lebih efisien.

Petualangan di dunia Game of Thrones tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena sering berpindah tempat, maka anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya transportasi sepanjang perjalanan. Meski perjalanan di Eropa sudah banyak difasilitasi melalui jalur darat maupun udara, biaya transportasi di benua tersebut tidak bisa dikatakan murah. Sehingga, ada baiknya anda harus cermat dalam menyiapkan pengeluaran.

Memilih penerbangan multi-city lewat Traveloka dapat menjadi solusi agar biaya perjalanan anda lebih hemat. Penerbangan multi-city dengan itinerary Jakarta -Dubrovnik – Madrid – Jakarta dengan maskapai Turkish Airlines jatuh di angka 13 juta rupiah pada pertengahan Oktober. Sementara penerbangan round-trip Jakarta – Dubrovnik – Jakarta jatuh di angka 17 juta rupiah dengan maskapai yang sama di waktu yang sama. Dengan contoh rute perjalanan ini, tentu perbedaan penerbangan multi-city dan penerbangan roundtrip menjadi lebih ekonomis. Selain lebih murah, anda juga tidak perlu keluar biaya ekstra untuk kembali dari Madrid ke Dubrovnik.

Traveloka siap membantu anda merencanakan liburan supaya lebih hemat dan menyenangkan. Yuk, segera rasakan manfaat penerbangan multi-city dari Traveloka untuk berpetualang ke dunia Game of Thrones yang sebenarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini