Share

BRI Siapkan Rp48,2 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran

Yohana Artha Uly , Okezone · Selasa 21 Mei 2019 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 21 20 2058588 bri-siapkan-rp48-2-triliun-untuk-kebutuhan-lebaran-kFxAdH5tQr.jpeg Foto: Yohana Artha Uly (Okezone)
A A A

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp48,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan selama masa libur Lebaran 2019. Jumlah itu akan didistribusikan sebesar Rp4 triliun per harinya sejak 30 Mei-10 Juni 2019.

"Secara keuangan kita siapkan Rp4 triliun tiap hari untuk layani nasabah-nasabah kita yang akan transaksi yg bertransaksi di ATM dan CRM (Customer Relationship Management) selama 12 hari kerja," ujar Direktur Jaringan dan Layanan BRI Osbal Saragi Direktur dalam konferensi pers di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Dia menyatakan, jumlah uang tunai tersebut juga sudah mencakup untuk kebutuhan pembayaran gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan yang jatuh pada 1 Juni 2019. "Sebanyak Rp7,1 triliun itu untuk kebutuhan pembayaran gaji PNS dan pensiunan," tambahnya.

Dia menyatakan, sebaran uang kartal lebih banyak dialokasikan pada daerah-daerah di Pulau Jawa, seperti di Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya. Hal ini dilakukan karena tujuan arus mudik terbanyak ada di Pulau Jawa.

"Kalau lihat pola transaksi masyarakat, yang mudik banyaknya di Jawa, kita antisipasi ini. Maka penyebarang uang tersebut hampir 48% ada di kotakota itu," jelasnya.

Osbal pun memastikan, selama libur Lebaran, nasabah tetap dapat menikmati layanan Bank BRI baik melalui e-channel maupun di Unit Kerja Operasional (UKO). Saat ini BRI memiliki 25.293 ATM atau CRM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Lalu ada sebanyak 462 UKO yang telah disiapkan selama libur Lebaran. Terdiri dari 229 UKO dengan layanan operasional terbatas pada tanggal 3, 4, 6 dan 7 Juni 2019. Sedangkan, 147 UKO beroperasi pada 1, 2, 8 dan 9 Juni 2019.

Tak hanya itu, BRI juga menyediakan 41 posko mudik yang terbesar di seluruh Indonesia, diantaranya merupakan 15 titik yang bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero).

Posko mudik ini, menyediakan layanan e-channel BRI (ATM dan CRM). Selain itu, juga pemudik dapat menikmati makanan dan minuman ringan, layanan kesehatan ringan (cek tensi darah dan P3K), serta informasi produk BRI serta hiburan.

"Sehingga pemudik yang melakukan perjalanan, terlebih di jalan tol, bisa melakukan topup Brizzi ditengah perjalanan," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini