Share
Advertisement

APJII: Pulau Jawa Sumbang Kontribusi Paling Besar Pengguna Internet di Indonesia

Pernita Hestin Untari , Jurnalis-Selasa 21 Mei 2019 17:30 WIB
Ilustrasi pengguna internet (Foto: Ist)
Ilustrasi pengguna internet (Foto: Ist)
A
A
A

JAKARTA- Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis data pengguna internet di Indonesia pada 2018. Dari data tersebut kontribusi pengguna internet di Pulau Jawa menjadi yang paling banyak.

Bahkan mencapai 55 persen dari sekira 171,17 juta pengguna internet di Indonesia. Lebih lanjut, hasil survey APJII juga mengungkapkan jika pengguna internet terbanyak di pulau Jawa terdapat di Jawa Barat.

Diwilayah Jawa Barat terdapat kontribusi pengguna 16,6 persen. Angka ini paling tinggi dibandingkan wilayah lain, seperti Banten (4,7 persen), Jawa Tengah (14,3 persen), Jawa Timur (13,5 persen), DKI Jakarta (4,7 persen), dan DI Yogyakarta (1,5 persen).

 Survey APJII ungkap data pengguna internet di Indonesia

Baca Juga: 100 Juta Lebih Manusia Indonesia Gunakan Internet

Sementara itu, untuk wilayah lain Sumatera berada pada urutan kedua untuk kontribusi pengguna internet terbanyak dengan perolehan 21 persen.

Wilayahnya berikutnya yakni Sulawesi, Maluku, dan Papua sebesar 10 persen. Adapun Kalimantan memiliki 9 persen kontribusi pengguna interet. Bali dan Nusa tenggara berada pada uruan terakhir dengan 5 persen pengguna internet.

Untuk informasi, survey yang dilakukan APJII ini menggunakan beberapa metode, diantaranya teknik probability sampling, multistage random samplig, wawancara, dan kontrol kualitas.

Baca Juga: APJII Rilis Survei Pengguna Internet Indonesia

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement