Share

Mendapatkan Hidayah dari Allah SWT, Ini Bacaan Doa Puasa Ramadan Hari ke-19

Dito Bagus Wibowo, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 23 618 2059671 mendapatkan-hidayah-dari-allah-swt-ini-bacaan-doa-puasa-ramadan-hari-ke-19-3uqYQXcubn.jpg Doa puasa Ramadan hari ke-19 (Freepik)
A A A

MEMASUKI 10 hari momen puasa Ramadan merupakan saat-saat terbaik untuk mendedikasikan segalanya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di hari-hari inilah kita disunnahkan untuk melakukan i’tikaf selama 10 hari. Bahkan di akhir hayat Rasulullah SAW beliau melakukannya selama 20 hari terakhir.

Agar puasa Ramadan lancar di hari ke-19 ini, marilah bersama-sama kita terus meminta kepada Allah SWT agar mendapatkan berkah di dalam berpuasa. Di hari ke-19 bulan Ramadan kita membaca:

اللَّهُمَّ وَفِّرْ فِيهِ حَظِّي مِنْ بَرَكَاتِهِ وَ سَهِّلْ سَبِيلِي إِلَى خَيْرَاتِهِ وَ لا تَحْرِمْنِي قَبُولَ حَسَنَاتِهِ يَا هَادِيا إِلَى الْحَقِّ الْمُبِينِ

“Ya Allah, Penuhilah bagianku dengan berkah-berkahnya. Mudahkanlah jalanku menuju kebaikan-kebaikannya. Janganlah Kau jauhkan aku dari menerima kebaikan-kebaikannya. Wahai Pemberi Petunjuk kepada kebenaran yang terang.”

Dalam doa hari ke 19 bulan Ramadan ada 4 tema penting; pengertian berkah, berkah bulan Ramadan, melaksanakan perbuatan baik dan tolok ukur perbuatan yang diterima Allah.

 

Orang yang layak mendapat hidayah

1. Mukmin Allah Swt berfirman, "...barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya..." (QS. 64: 11).

2. Orang yang bertaubat Allah Swt berfirman, "...menunjuki orang-orang yang bertaubat kepada-Nya." (Qs. 13: 27).

3. Orang yang berpegangan teguh kepada Allah Allah Swt berfirman, "...Barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus." (QS. 3: 101).

4. Mujahidin Allah Swt berfirman, "Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami..." (QS. 29: 69).

5. Orang yang bertakwa Imam Ali as berkata, "Diberi hidayah orang yang merasa dalam hatinya ada takwa." (Ghurar al-Hikam, tentang hidayah).

6. Orang yang sabar Imam Ali as berkata, "Mendapat hidayah barangsiapa yang memakai pakaian sabar dan yakin." (Ghurar al-Hikam, tentang hidayah).

7. Mukhlisin Imam Ali as berkata, "Diberi hidayah orang yang mengikhlaskan imannya." (Ghurar al-Hikam, tentang hidayah).

Wasilah terbaik untuk mendapat hidayah

1. Al-Quran Allah Swt berfirman, "Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus..." (QS. 17: 9).

2. Ahlul Bait Rasulullah Saw bersabda, "Aku telah meninggalkan dua pusaka untuk kalian. Selama kalian berpegangan kepada keduanya, maka kalian tidak akan tersesat. Keduanya adalah Kitabullah dan Itrah (Ahlul Bait).” (Ma'alim al-Madrasatain, hal 48).

Doa hari ke-19 puasa Ramadan ini menekankan siapa saja yang layak mendapat hidayah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini