Share

Wall Street Melesat di Tengah Harapan Penurunan Suku Bunga The Fed

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Kamis 13 Juni 2019 20:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 13 278 2066234 wall-street-melesat-di-tengah-harapan-penurunan-suku-bunga-the-fed-iFFy7XBKf9.png Foto: Reuters
A A A

NEW YORK - Bursa saham Amerika Serikat (AS) Wall Street dibuka menguat pada perdagangan Kamis waktu setempat ditopang kenaikan saham sektor energi dan adanya harapan penurunan suku bunga The Fed (fed fund rate).

Melansir Reuters, Kamis (13/6/2019), indeks Dow Jones Industrial Average naik 32,11 poin, atau 0,12% ke 26.036,94. Indeks S&P 500 dibuka naik 6,40 poin atau 0,22%, ke 2.886,24 dan indeks Nasdaq Composite naik 29,84 poin atau 0,38%, menjadi 7.822,56.

 Baca Juga: The Fed Akan Turunkan Suku Bunga Gara-Gara Perang Dagang

Seperti yang diberitakan Okezone, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memperkirakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) alias The Fed akan menurunkan suku bunga acuannya, Fed Fund Rate (FFR). Arah kebijakan The Fed tersebut terkait dengan belum adanya titik temu antara AS dengan China untuk menyudahi perang dagang.

"Kalau dilihat (perang dagang) ini intensitasnya naiknya pada bulan Mei yang lalu. Sehingga memang kalau dilihat dari language-nya policy mereka masih akan data driven," ujar Sri Mulyani di Gedung Kemenkeu, Jakarta.

 Baca Juga: Saham Teknologi Rontok, Wall Street Ditutup Melemah

Menurut Sri Mulyani, beberapa analis ekonomi pun sudah memprediksi bahwa The Fed akan menurunkan suku bunga acuannya sebanyak dua kali sepanjang tahun 2019.

"Tapi kemarin sinyalnya tidak secara firm turun, tapi mereka mengatakan risiko semakin besar. Itu berarti kenaikan tidak terjadi lagi, jeda akan dilakukan dan kemungkinan terjadi penurunan," paparnya. Hal itu menurutnya membuat Indonesia juga harus melakukan penyesuaian kebijakan sesuai dengan perkembangan ekonomi dunia.

"Sekarang confirm bahwa risiko jadi lebih besar. Dan mereka tidak hanya melihat dari dalam negeri, tapi juga lihat risiko ekonomi global yang menjadi lebih nyata," jelasnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini