Share

Mengapa Khotib Memegang Tongkat saat Khotbah?

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 13 614 2065997 mengapa-khotib-memegang-tongkat-saat-khotbah-YmjMMpk6fj.png Khotbah di Masjid (Foto: KonsultasiSyariah)
A A A

MEMEGANG tongkat saat berkhotbah adalah hal yang sering kita lihat ketika khotib berada di atas mimbar. Selain untuk dijadikan pegangan, memegang tongkat saat khotbah merupakan sebuah sunnah. "Di antara kesunnahan khotbah adalah megang tongkat" Ujar Achmad Ikrom, pengasuh PPMNU, Pondok Pesantren Mahasiswa Nahdatul Ulama, Bogor.

Hal tersebut memang sudah Rasulullah lakukan selama hidupnya ketika menjadi khotib. Achmad Ikrom juga menjelaskan bahwa Hal tersebut beliau lakukan agar menjadi tumpuan berpegangan saat khotbah. Seperti yang dijelaskan pada kitab Al - Umm, juz I, Hal 272.

"Imam Syafi'i RA berkata: Telah sampai kepada kami, berita, bahwa ketika Rasulullah saw berkhuthbah, beliau berpegang pada tongkat. Ada yang mengatakan, beliau berkhotbah dengan memegang tongkat pendek dan anak panah. Semua benda-benda itu dijadikan tempat bertumpu . Ar-Rabi' mengabarkan dari Imam Syafi'i dari Ibrahim, dari Laits dari 'Atha', bahwa Rasulullah SAW jika berkhotbah memegang tongkat pendeknya untuk dijadikan pegangan".

Selain dijadikan sebagai tumpuan, memgang tongkat saat berkhotbah pun mempunyai tujuan lain. Salah satunya agar sebagai pembeda seperti ceramah biasa. Menurut Achmad Ikrom hikmah lain memegang tongkat saat berkhotbah ialah agar khotbahnya bisa lebih khusyuk, tidak menunjuk - nunjuk seperti orang yang sedang berceramah.

 Khotbah

"Jadi soal pegang tongkat bukan urusan mentang - mentang masih muda dan gagah bisa seenaknya berkhotbah. Tapi ada pesan kehati - hatian dalam bertutur kata khotbah yang menjadi bagian rangkaian ibadah" Sambungnya.

Ketika menaiki mimbar, khotib disunahkan untuk berdoa, namun menurut Achmad Ikrom, doa tersebut biasanya sudah lebih dahulu dibacakan. "Iya mau apapun sebaiknya berdoa. Minimal baca bismillah. Tapi doa menjelang naik mimbar biasanya secara umum sudah dipimpin oleh muraqqi atau Bilal." Pungkasnya

Selain memegang tongkat saat berkhotbah , ada beberapa sunnah lain yang bisa dilakukan seorang khotib. Seperti, Mengucapkan salam sebelum khotbah, khotbah di atas mimbar, menghadap jamaah, suara jelas, durasi waktu tidak terlalu pendek dan tidak kelamaan, mudah dipahami, duduk di antara dua khotbah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini