Share

Pendaki Gunung Sindoro Jatuh, Evakuasi Berlangsung Selama 5 Jam

Taufik Budi , iNews.id · Minggu 16 Juni 2019 03:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 16 512 2066914 pendaki-gunung-sindoro-jatuh-evakuasi-berlangsung-selama-5-jam-pP8dkzDSJt.jpg Evakuasi pendaki Gunung Sindoro terjatuh. (Foto: Taufik Budi/Okezone)
A A A

TEMANGGUNG – Seorang pendaki Gunung Sindoro terjatuh dan membentur batu hingga tidak bisa berjalan serta menderita cedera leher. Tim SAR gabungan dikerahkan untuk melakukan evakuasi korban dengan menembus gelap dan medan terjal.

Survivor tersebut diketahui bernama Muhammad Hafiszain (14) asal Sukoharjo, Jawa Tengah. Dia berhasil dievakuasi pada pukul 20.30 WIB, Sabtu 15 Juni 2019, dalam keadaan selamat.

(Baca juga: Pendaki Asal Bogor Jatuh di Gunung Sindoro)

Kepala Basarnas Jateng Aris Sofingi mengungkapkan, peristiwa bermula saat survivor berangkat naik Gunung Sindoro bersama teman-temanya melewati jalur pendakian Basecamp Grasindo, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, pada Jumat 14 Juni sore. Suvivor beserta rombongan tersebut menginap semalam di puncak.

"Sabtu 15 Juni siang, mereka hendak turun dari Pos 4. Pendaki atas nama Muhammad Hafiszain terpeleset dan terjatuh sehingga mengalami luka terbuka karena terbentur batu, juga cedera di leher sehingga tidak bisa melanjutkan jalan," ungkap Aris.

(Foto: Taufik Budi/Okezone)

Setelah menerima informasi tersebut, Basarnas Unit Siaga Wonosobo segera memberangkatkan tim untuk melaksanakan evakuasi bersama dengan Tim SAR gabungan. Mereka juga dilengkapi alat evakuasi.

"Proses evakuasi dari ketinggian kurang lebih 2.300 MDPL melibatkan tim SAR gabungan di antaranya Polsek, Koramil, Basecamp Grasindo, Azora Sumbing, SAR Kabupaten Wonosobo," ujar Koordinator Basarnas Unit Siaga Wonosobo Heri Sunandar.

(Baca juga: Gadis Remaja asal Jakarta Jatuh ke Jurang saat Mendaki Gunung Sindoro)

Proses evakuasi tidak berjalan mudah karena Tim SAR gabungan harus menembus medan terjal dan gelap untuk menolong korban. Dibutuhkan waktu hingga sekira lima jam untuk membawa korban turun dari gunung dan dilarikan ke rumah sakit guna mendapat perawatan.

"Dalam Kondisi pendakian yang terjal dan gelap akhirnya Tim SAR gabungan berhasil mengevakusi survivor ke Basecamp Grasindo dengan selamat pada pukul 20.30 WIB," sambung Heri.

"Proses evakuasi kurang lebih lima jam. Selanjutnya survivor dibawa ke Rumah Sakit Ngesti Waluyo Temanggung," tutup Heri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini