Share

Musim Haji Telah Tiba, Kiswah Kakbah Mulai Diangkat

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 23:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 19 398 2081253 musim-haji-telah-tiba-kiswah-kakbah-mulai-diangkat-BZgkvm2b1V.jpg Foto: Bahauddin/MCH
A A A

MAKKAH - Sebagai persiapan datangnya musim haji 2019, Kiswah kain penutup Kakbah diangkat setinggi 3 meter. Pengelola Masjid Haram melakukan pengangkatan pada hari ini.

Setelah diangkat setinggi 3 meter, Kiswah tersebut diganti dengan kain penutup berwarna putih. Selanjutnya, kiswah akan dikembalikan ke keadaan semula setelah musim haji selesai.

Pengangkatan Kiswah ini sendiri melibatkan sebanyak 53 pekerja. Kiswah Kakbah ini diangkat untuk menjaga kebersihan Kiswah dan menyelamatkannya dari tangan-tangan orang tak bertanggung jawab.

Pasalnya, terkadang ada saja jemaah yang memotong kain Kakbah untuk tujuan yang tertentu yang tak dibolehkan secara syariat.

Hal tersebut juga dilakukan untuk menghindari hal-hal yang membahayakan. Misalnya seperti tersobek akibat beberapa orang yang melakukan thawaf terkadang sampai menggantungkan diri di dinding Kakbah.

Kakbah

Terakhir, untuk melarang para jemaah haji yang memiliki keyakinan Kiswah bisa mendatangkan keberkahan.

Konsultan Ibadah Daker Makkah Muhammad Ulinnuha menjelaskan, kiswah Kakbah setiap tahun memang selalu dibuka terutama jelang musim haji tiba.

"Kiswah setiap musim haji tiba selalu dibuka, itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada juga lho jemaah haji yang datang membawa gunting, kalau disobek bisa rusak itu Kiswah, itu kan mahal," kata Ulinnuha.

Pantauan situasi di Masjidil Haram saat ini semakin ramai dikunjungi jemaah haji dari berbagai dunia, bahkan sudah berasa sesak saat pelaksanaan salat jumat. Dipastikan akan semakin ramai saat mendekati puncak haji.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini