Share

Saat Mau Melakukan Kegiatan Ini, Jangan Baca Basmalah!

Jum'at 19 Juli 2019 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 19 614 2080945 saat-mau-melakukan-kegiatan-ini-jangan-baca-basmalah-0P170E9bDU.jpg Orang melakukan salat (Foto: Anadolu)
A A A

Hadis yang sering kita jumpai di syarah Basmalah dalam kebanyakan kitab menganjurkan kita untuk senantiasa mendahului pekerjaan dengan membaca Basmalah.

Pria pakai sendal

Namun, ada banyak pekerjaan yang seharusnya kita lakukan tanpa membaca Basmalah terlebih dahulu. Hal tersebut terangkum di bawah ini:

Pertama, perkara remeh. Semisal, memasang sandal. Hal itu termasuk perkara yang tidak begitu penting, sehingga tidak disunahkan membaca Basmalah.

Kedua, pekerjaan yang dilarang oleh syariat. Bila kita (nauzubillah) mengerjakan perkara haram atau makruh, sangat tidak sopan jika malah membaca Basmalah. Misalnya seseorang yang minum bir atau minuman beralkohol lain tak usah membaca basmalah sebab ia melakukan perkara haram.

"Terbukti, ulama menegaskan bahwa Basmalah yang kita baca tidak akan bernilai pahala. Berhukum haram, bila pekerjaannya haram. Berhukum makruh, bila pekerjaannya makruh," terang Pemimpin Redaksi Situs Pesantren Sidogiri, Muhammad Ibnu Romli.

Namun, hal itu berlaku atas pekerjaan yang memang haram atau makruh dari asalnya (dzat pekerjaannya). Kalau pekerjaannya itu tidak haram/makruh, namun ada hal lain yang menyebabkannya haram/makruh (‘aridy), maka tetap disunahkan membaca Basmalah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ketiga, bacaan yang khusus untuk zikir. Berbeda dengan membaca Alquran, lantaran di dalam al-Quran terkandung zikir dan mauizah. Yang saya bahas di sini, bacaan yang murni zikir. Semisal, membaca kalimat tauhid, “lailaha illal-Lah”. Membaca kalimat tersebut, tidak diperlukan membaca Basmalah.

Keempat, sesuatu yang sudah ditetapkan pembukanya. Semisal, salat. Dalam salat, syariat sudah memberikan pembuka tersendiri, yaitu takbir.

Seperti dilansir situs resmi Pesantren Sidogiri, terlihat jelas, saat melihat definisi salat secara syariah, yaitu pekerjaan yang diawali takbir, dan diakhiri salam.

Oleh karena itu sebelum salat tak disunnahkan membaca Basmalah sebab sudah diawali takbir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini