Share

Misael Natanael, Wisudawan dengan IPK 3,99 Tertinggi di ITB

Rani Hardjanti, Okezone · Jum'at 19 Juli 2019 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 19 65 2080944 misael-natanael-wisudawan-dengan-ipk-3-99-tertinggi-di-itb-sub1cj8qYX.jpeg Misal Natanael, Mahasiswa Berprestasi ITB (Foto: Dok. ITB)

JAKARTA - Misael Natanael, mahasiswa Jurusan Fisika, FMIPA-ITB berhasil lulus dengan IPK tertinggi pada Wisuda Juli ITB Tahun Akademik 2018/2019. Dia berhasil menyelesaikan studi sarjananya dengan IPK nyaris sempurna, yakni 3.99.

Skripsinya yang berjudul “Rekayasa Gelombang Hambur dari Sistem Banyak Nano Partikel” juga berhasil mengantarkannya untuk ikut konferensi Internasional Fiskal Optik yang diadakan oleh Himpunan Optika Indonesia di Ukrida. Setelah menyelesaikan program sarjana, Misael akan langsung mengikuti program fastrack yang memungkinkannya menyelesaikan gelar Magister Fisika hanya dalam waktu lima tahun.

Selama kuliah di ITB, Misael telah beberapa kali menjadi asisten dosen di sejumlah mata kuliah Fisika, di antaranya Fisika Dasar, Fisika Modern, Fisika Magnet, dan Fisika Kuantum. Ia pun sempat menjadi Wakil Ketua Penyusun PHIWIKI, buku kumpulan latihan soal Fisika pada edisinya 2018/2019 lalu. Mahasiswa kelahiran Bogor, 21 Juni 1997 ini mengaku memang suka belajar Fisika. Bahkan sejak masih bersekolah di SMA, ia pernah mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Fisika.

Baca Juga: Moses Mayer Penemu Aplikasi Pengelolaan Sampah yang Mengidolakan Habibie

Di sela kesibukannya, Misael tidak hanya fokus di kegiatan akademik saja, melainkan juga aktif mengembangkan diri di Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) ITB dan Unit Bulu Tangkis (UBT) ITB. Dia juga tercatat pernah menjadi seorang badan pengurus dan ketua kaderisasi di unit olahraga ini pada tahun 2016.

“Di kampus jangan cuma belajar saja. Usahakan agar akademik dan kegiatan berorganisasi bisa seimbang,” ujarnya, seperti dikutip dari keterangan tertulis ITB, Jumat (19/8/2019).

Menurutnya, kegiatan akademik memang menjadi tujuan utamanya berkuliah di ITB, namun tak dapat dipungkiri jika kegiatan berorganisasi yang selama ini ia geluti membuatnya mengenal lebih banyak orang dan memiliki kemampuan softskills lebih baik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selama empat tahun menempuh pendidikan sarjana di ITB, Misael mengaku jarang begadang. Dengan mengoptimalkan waktu yang ia miliki dari pagi hingga menjelang sore, ia berhasil meraih IPK dengan nilai nyaris sempurna, 3,99.

“Harus pinter-pinter menghargai waktu, sebisa mungkin dimanfaatkan dengan baik,” katanya. Begadang pun sebisa mungkin selalu ia hindari mengingat pentingnya menjaga kondisi tubuh untuk selalu dalam keadaan bugar dan sehat.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Anak Tukang Becak Lulus di ITB Berpredikat Cumlaude

Selain mampu memanajemen waktu dengan sangat efesien, Misael juga seringkali belajar terlebih dahulu materi kuliah yang akan dijelaskan dosen. “Waktu libur pun kadang juga belajar, karena memang suka,” katanya. Dia percaya, jika kita menyukai apa yang kita kerjakan, pasti hasilnya juga bisa membanggakan.

Misael percaya semua mahasiswa pasti bisa berhasil meraih nilai terbaik asalkan terus konsisten dalam komitmen menyelasikan studi sebaik-baiknya. Dia pun berpesan agar jangan pernah lelah dan takut dalam belajar karena segala kesulitan pasti bisa diatasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini