Share

Melihat Gereja Kapal yang Terdampar di Pedesaan Rusia

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 14 406 2091933 melihat-gereja-kapal-yang-terdampar-di-pedesaan-rusia-eFQM0vN7Vs.jpg Gereja Tritunggal Mahakudus di Rusia (Foto: RT)

Bila di Yogyakarta ada Gereja Ayam yang menarik perhatian wisatawan karena keunikan arsitekturnya, hal yang sama juga terjadi di Rusia. Di sana ada sebuah gereja yang memiliki arsitektur tak biasa yaitu terlihat seperti kapal.

Gereja ini terletak di pinggir jalan di tengah pedesaan. Tentu saja arsitektur yang unik menarik perhatian orang yang melintasi desa.

 Gereja

Gereja Tritunggal Mahakudus di Desa Pleskovo bisa dikatakan sebagai salah satu tempat ibadah paling aneh di Rusia. Gereja ini dibangun oleh seorang arsitek bernama Viktor Zakharov yang mengilhami kata-kata dari salah satu orang suci Kristen Ortodoks.

Kata-kata tersebut menganalogikan kehidupan adalah laut bergelombang yang dilintasi oleh kapal. Untuk dapat melintasi laut yang bergelombang, dibutuhkan nahkoda yang mahir mengemudikan kapal. Nahkoda yang dimaksud adalah Yesus.

 Gereja

Viktor berusaha menghidupkan metafora tersebut dengan cara membangun gereja berbentuk seperti kapal. Sebab gereja adalah tempat jemaat berkumpul untuk beribadah. Ketika beribadah, jemaat juga bisa mendapatkan jawaban dari masalah kehidupan melalui firman Tuhan dan khotbah pendeta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain untuk menghidupkan metafora, pembangunan gereja juga dimaksudkan sebagai pengingat kekalahan imperial Rusia atas invasi Napoleon pada tahun 1812. Kebetulan lokasi terjadinya salah satu pertempuran penting dalam perang tersebut tidak jauh dari desa.

 Gereja

Melansir RT, Rabu (14/8/2019), Gereja Tritunggal Mahakudus dicat warna putih pada semua dindingnya. Sedangkan pada bagian atap dicat warna hijau. Terdapat pula tiga kubah emas di bagian atasnya.

Di ujung bangunan gereja yang melancip, terdapat patung malaikat tengah meniup terompet. Kemudian sisi tempat buritan kapal dihiasi dengan warna-warna berkilauan menyerupai salib St. Andrew dari Angkatan Laut Rusia.

Gereja dibangun dengan latar belakang hutan. Lalu di bagian depannya terdapat sumur kuno. Keduanya menambah keindahan arsitektur bangunan dengan pemandangan yang mengesankan.

 Gereja

Gereja Tritunggal Mahakudus memang tidak terletak di tengah perairan sebagaimana kapal pada umumnya. Tapi ternyata, di Rusia benar-benar ada gereja yang mengapung. Letaknya ada di Kota Volgograd.

Gereja bernama St. Vladimir itu berfungsi sebagai rumah ibadah bagi penduduk di desa terpencil yang tidak memiliki gereja. Gereja apung tersebut akan melintasi Sungai Volga untuk menyambangi desa-desa terpencil tersebut guna mengadakan ibadah. Menarik ya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini