Share

Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru saat Pidato Kenegaraan? Ini Kata Istana

Yohana Artha Uly , Okezone · Rabu 14 Agustus 2019 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 14 470 2091895 jokowi-umumkan-lokasi-ibu-kota-baru-saat-pidato-kenegaraan-ini-kata-istana-Pc7o11Pq8b.jpeg Kepala Staf Presiden Moeldoko (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji mengumumkan secara langsung lokasi daerah yang akan menjadi ibu kota baru pengganti Jakarta. Saat ini, yang dapat dipastikan adalah ibu kota akan pindah ke wilayah Kalimantan.

Jokowi sempat menyebut, dirinya bakal mengumumkan di bulan Agustus 2019. Sehingga, ada indikasi mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan mengumumkan ibu kota baru saat pidato kenegaraan pada Jumat (16/8/2019) mendatang.

Baca Juga: Fakta-Fakta Ibu Kota Pindah, Jokowi Akhirnya Pilih Provinsi Ini

Saat itu, Jokowi memang bakal berpidato di depan seluruh menteri dan pejabat negara lainnya, mulai dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Menanggapi kemungkinan itu, Kepala Staf Presiden Moeldoko tidak mengelaknya. Menurutnya, ada harapan Jokowi bakal mengumumkan saat pidato kenegaraan.

"Iya mudah-mudahan (diumumkan)," ujarnya saat ditemui di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Baca Juga: Indonesia Akan Punya Ibu Kota Baru, Intip Transformasi Landmark Singapura 1999 vs 2019

Meski demikian, Moeldoko menekankan, Jokowi baru saja memberikan arahan kepada menteri terkait untuk melakukan analisa mendalam terhadap daerah yang akan dijadikan ibu kota. Sehingga tidak sepenuhnya dapat dipastikan akan diumumkan pekan ini.

"Belum tahu pasti (diumumkan). Karena perintahnya kepada menteri untuk dilakukan analisa lebih dalam lagi," katanya.

Pada akhir bulan lalu, Jokowi sempat menegaskan ibu kota akan pindah ke Kalimantan. Janjinya akan segera diumumkan pada bulan ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kan memang sudah dari dulu saya sampaikan pindah ke Kalimantan. Nah, Kalimantan mana yang belum. Nanti kami sampaikan Agustus lah," ungkap dia saat kunjungan kerja di Sumatera Utara, Selasa (30/7/2019).

Pernyataan Jokowi pun semakin dipertegas oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Dia menyatakan, pembangunan jalan tol di ibu kota baru akan dilakukan bila memang diperlukan, di mana detail infrastruktur akan disusun usai lokasi ditetapkan.

Saat itu Basuki menyebut, Jokowi bakal mengumumkan penetapan lokasi pasti pada pertengahan Agustus 2019.

"Nanti pertengahan Agustus Pak Presiden akan mengumumkan ibu kota baru di mana. Kalau sudah, berarti detail desainnya baru kita lakukan. Tahun 2020 mudah-mudahan kita bisa mulai melakukan pekerjaan fisik," jelasnya saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini