Share

Kualitas Buku Manasik Haji Bakal Ditingkatkan, Begini Penjelasannya

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 22:57 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 17 398 2093333 kualitas-buku-manasik-haji-bakal-ditingkatkan-begini-penjelasannya-YOvBhfcyQv.jpg Menag Lukman Hakim Saifuddin. (Foto : Widi Agustian/Okezone)
A A A

JEDDAH – Dalam exit meeting yang digelar Amirul Hajj bersama PPIH Arab Saudi, tercetus kualitas manasik haji harus ditingkatkan lagi.

Amirul Hajj sekaligus Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, peningkatan kualitas ibadah haji salah satunya dengan meng-upgrade buku manasik haji.

Dengan demikian, buku-buku manasik haji harus akan diupayakan menjadi lebih lengkap, tidak hanya terkait kaifiyah tata cara berhaji, tapi juga ditambah dengan maqasid syariah.

Buku manasik akan membahas terkait hal-hal yang lebih substantif yang lebih krusial dari ritual prosesi haji yang sangat panjang tahapannya ini.

Puncak haji wukuf di Arafah. (Foto: Kemenag.go.id)

"Jadi pemaknaan mengapa kita harus wukuf, pemaknaan apa makna tawaf, sai, dan lain sebagainya yang sangat kaya, hal-hal seperti itu yang sangat perlu kita berikan porsi yang cukup," ujarnya.

Harapannya, kata dia, adalah kemabruran itu tidak hanya semata diukur dari kesalehan personal atau kesalehan individual.


Baca Juga : Menag: 2020 Harus Jadi Tahun Peningkatan Kualitas Manasik Haji

"Tapi juga terefleksikan pada kepedulian sosial dari seluruh jamaah haji kita jadi kesalehan sosial menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kemabruran itu. Oleh karena itu materi seperti itu perlu lebih ditambah," tuturnya.


Baca Juga : Dubes RI untuk Arab Saudi Apresiasi Suksesnya Penyelenggaraan Haji 2019

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini