Share

Jumlah Pembimbing Ibadah Haji Bakal Ditambah Tahun Depan

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 17 398 2093335 jumlah-pembimbing-ibadah-haji-bakal-ditambah-tahun-depan-RLBGvigbu7.jpg Petugas haji. (Foto : Widi Agustian/Okezone)
A A A

JEDDAH – Amirul Hajj sekaligus Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin memberikan sinyal jumlah pembimbing ibadah haji akan ditambah tahun depan.

Menag menyebutkan, ada dua hal terkait peningkatan kualitas ibadah haji yang akan dilakukan. Pertama adalah materi ibadah akan diperkaya.

"Yang kedua adalah petugas-petugasnya. Kita akan lebih selektif dan akan lebih dari sisi jumlah akan lebih proporsional terkait jumlah jamaah itu sendiri," kata dia, Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (17/8/2019).

Dengan peningkatan dua hal tersebut, dia berharap peningkatan kualitas ibadah akan meningkat.

Menag Lukman Hakim dan jamaah haji (Foto : Widi Agustian/Okezone)

"Materi-materi yang disampaikan kepada jamaah yang kedua adalah petugas-petugasnya khususnya para pembimbing ibadah dan konsultan ibadah harapan kira adalah meningkat kualitasnya," kata dia.

Dia melanjutkan, selama ini buku-buku manasik haji lebih dititiktekankan pada aspek fikih ataua tata cara secara hukum fiqih. Nah, ini yang akan diperdalam agar jamaah juga bisa memahami makna di balik setiap ibadah yang dia lakukan.


Baca Juga : Menag: 2020 Harus Jadi Tahun Peningkatan Kualitas Manasik Haji

"Bagaimana orang bertawaf itu apa yang bacaan-bacaannya termasuk juga sai dan lalu kemudian ketika wukuf ketika lontar jumrah dan seterusnya," tuturnya.


Baca Juga : Kualitas Buku Manasik Haji Bakal Ditingkatkan, Begini Penjelasannya

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini