Share

Musim Haji Belum Selesai, Menag Sebut Sebagian Besar Target Sudah Terpenuhi

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 23:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 17 398 2093337 musim-haji-belum-selesai-menag-sebut-sebagian-besar-target-sudah-terpenuhi-JXRRy2oHwa.jpg Menag Lukman Hakim Saifuddin. (Foto : Widi Agustian/Okezone)
A A A

JEDDAH – Walau rangkaian ibadah haji masih berlangsung, tetapi puncak ibadah haji telah dilalui. Amirul hajj sekaligus Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan pencapaian positif pada musim haji tahun ini.

Dia menjelaskan, dalam exit meeting yang telah dilakukan pihak Amirul hajj dengan PPIH Arab Saudi, memang masih terlalu dini untuk menilai apakah musim haji tahun ini berjalan sukses atau tidak.

Pada saatnya nanti, dia menjelaskan jika pihaknya baru akan melakukan evaluasi secara menyeluruh. Walau begitu, hasil pantauan hingga selesainya puncak ibadah haji, dia melihat target-target yang ditetapkan telah terpenuhi.

"Sekarang ini kami merasa apa yang menjadi harapan kita sebagian besar sudah bisa terpenuhi," tuturnya, Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (17/8/2019).

Jadi, dia melanjutkan, hotel-hotel yang ada, distribusi makanan, transportasi bus salawat, dan lain sebagainya relatif baik.

Katering jamaah haji. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

"Saya katakan relatif karena kami tidak menutup mata ada kasus-kasus yang sifatnya kasuistik terkait dengan problem-problem," katanya.

Misalnya, masih ada beberapa masalah, seperti ada tenda bocor karena hujan deras di Arafah maupun di Mina, kemudian ada tenda tergenang, lalu ada distribusi makanan yang terhambat.

"Tentu ini menjadi catatan kita secara serius," ucapnya.


Baca Juga : Kualitas Buku Manasik Haji Bakal Ditingkatkan, Begini Penjelasannya

"Tapi secara keseluruhan relatif terkait dengan target kami merasa memenuhi harapan," tuturnya.


Baca Juga : Jumlah Pembimbing Ibadah Haji Bakal Ditambah Tahun Depan

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini