Share

Ormas Islam Akan Dilibatkan untuk Upgrade Buku Manasik Haji

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 23:16 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 17 398 2093339 ormas-islam-akan-dilibatkan-untuk-upgrade-buku-manasik-haji-bXjK01f2nk.jpg Menag Lukman Hakim Saifuddin. (Foto : Widi Agustian/Okezone)
A A A

JEDDAH – Pemerintah akan berupaya meningkatkan mutu ibadah haji pada tahun depan. Salah satu yang dikejar adalah meningkatkan kualitas buku manasik haji.

Amirul Hajj sekaligus Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, dalam penyusunan buku manasik tersebut, pihaknya akan melibatkan ormas-ormas Islam.

"Karena delegasi amirul hajj itu datang dari beragam ormas Islam tentu nanti bersama MUI kita akan khalaqoh forum pertemuan atau musabaqoh untuk bagaimana untuk mewujudkan itu," katanya di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (17/8/2019).

Dia berpendapat, selama ini buku-buku manasik lebih dititiktekankan pada aspek fikih atau tata caranya.

"Bagaimana orang bertawaf itu apa yang bacaan-bacaannya termasuk juga sai dan lalu kemudian ketika wukuf ketika lontar jumrah dan seterusnya," kata dia.

Menag Lukman Hakim Saifuddin. (Foto : Widi Agustian/Okezone)

Dia melanjutkan, hal tersebut bukan akan dikurangi, tetap dipertahankan. Hanya saja ditambah dengan hal-hal yang lebih substantif.

"Mengapa harus tawaf? Apa makna tawaf itu? Kenapa sai? Apa makna sai? Wukuf itu apa maknanya?" ucapnya.

Sehingga, kata dia, jamaah tidak hanya menyandang predikat haji karena sudah melaksanakan manasik tata cara haji. Tapi, jamaah juga diharapkan mendapatkan ilmu dan wawasannya berkembang lebih baik terkait dengan haji.


Baca Juga : Jumlah Pembimbing Ibadah Haji Bakal Ditambah Tahun Depan

"Sehingga harapannya itu tadi kemabruran itu bisa terwujud pada sisi aspek sisi sosialnya. Tidak hanya semata personalnya," ujarnya.


Baca Juga : Musim Haji Belum Selesai, Menag Sebut Sebagian Besar Target Sudah Terpenuhi

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini