Share

Deretan Mobil Mercedes Benz yang Pernah Dipakai Presiden RI

Medikantyo, Okezone · Sabtu 17 Agustus 2019 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 17 52 2093243 deretan-mobil-mercedes-benz-yang-pernah-dipakai-presiden-ri-DOwPBgDt2A.jpg Tampilan Mercedes Benz sebagai Mobil Dinas Presiden (Foto: Okezone)

JAKARTA - Preferensi mobil kenegaraan Republik Indonesia, setidaknya dalam kepemimpinan enam presiden terakhir, erat dengan merk Mercedes-Benz. Tidak kurang dari empat tipe mobil berbeda dari produsen keluaran Jerman tersebut mendapat tempat di garasi Istana Negara.

Faktor keandalan serta kenyamanan mobil buatan Mercedes seperti jadi standar tersendiri yang sulit digantikan oleh kendaraan lain. Baik dari spesifikasi dasar hingga fitur keamanan tambahan disediakan oleh Mercedes dalam kendaraan kenegaraan Presiden Indonesia.

Pengalaman membuat mobil kualitas terbaik bagi sederet pemimpin negara lain di penjuru dunia jadi jaminan produk berkualitas dari Mercedes. Berikut deretan mobil Mercedes yang mendapat kepercayaan dari Presiden Republik Indonesia lintas era berdasarkan catatan Okezone Otomotif.

 RI 1

Mercedes-Benz 500SEL

Varian ini menjadi pilihan Presiden Kedua Republik Indonesia, Soeharto. Bahkan, ada yang menyebut kendaraan ini menjadi unit tercanggih yang ia miliki selama 32 tahun masa jabatannya berlangsung.

Spesifikasi standar yang menaungi kendaraan ini, dilengkapi sistem keamanan berupa kaca tahan peluru setebal 3 inci dan sensor keamanan di beberapa titik. Menggunakan mesin W117.963 V 8 berkapasitas 5 L, kendaraan ini dapat melaju hingga 220 km/jam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mercedes-Benz S600

 

Jika dihitung berdasarkan jumlah presiden yang menggunakan mobil ini, Mercedes-Benz S600 keluaran 1994 jadi unit terawet yang berada dalam garasi istana Kepresidenan. Mobil itu dipakai oleh era Presiden BJ Habibie, KH Abdurrahman Wahid, serta Megawati Soekarnoputri.

Kelengkapan keamanan seperti lapisan kaca tahan peluru serta sensor keamanan juga masih menyertai salah satu tipe kendaraan RI 1 itu. Namun, peningkatan terletak pada performa meson M120 V12 kapasitas 6 L yang membuatnya sanggup melaju hingga 288 km/jam.

 RI 1

Mercedes-Benz S600L W221

Pergantian model kendaraan negara terjadi pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang memilih varian Mercedes-Benz S600L. Kendaraan tersebut memakai mesin biturbo V12 berkapasitas 5.5 L yang berkekuatan hingga 517 hp. Kecepatan maksimalnya dapat menyentuh 250 km/jam.

Hal yang patut menjadi perhatian adalah hadirnya fitur resistensi senjata berkelas B6/B7 Eropa. Hal tersebut memiliki arti kemampuan mobil untuk menahan serangan senjata serbu ringan serta pengamanan terhadap perangkat ledakan sekelas granat tangan. Juga termasuk, adanya sistem pemadam api dalam kabin.

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard

Model terkini yang digunakan sebagai kendaraan kepresidenan adalah Mercedes Benz S600 Pullman Guard buatan 2008. Fitur keamanan pertahanan sekelas B6/B7 Eropa masih dimiliki oleh varian ini dengan tambahan sistem alarm panik. Selain itu, mobil ini masih dapat melaju sejauh 60 km dalam keadaan ban kempis atau kekurangan tekanan udara.

Secara spesifikasi tidak ada pembaruan khusus dari edisi ini dibandingkan edisi terdahulunya. Mesin M275 biturbo V12 berkapasitas 5.5 L menjadi sumber tenaga utama dengan kekuatan maksimal 510 hp, dengan sistem transmisi otomatis 5G-Tronic lima percepatan.

S600 L

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini