Share

4 Tips Masak Dada Ayam Selezat Resto Bintang 5

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Rabu 11 September 2019 05:59 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 11 298 2103256 4-tips-masak-dada-ayam-selezat-resto-bintang-5-qtfdwOTtoj.jpeg Tips masak dada ayam selezat resto bintang 5 (Foto : The Kitchn)
A A A

Daging ayam menjadi salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan. Bahan makanan ini dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat. Namun ada beberapa hal penting harus diperhatikan agar rasa yang dihasilkan sempurna. Misalnya bila Anda memilih untuk mengolah dada ayam. Ada beberapa trik khusus untuk membuat cita rasanya enggak kalah lezat dengan sajian di restoran berbintang lima.

Dilansir Okezone dari The Daily Meal, Rabu (11/9/2019), memasak dada ayam bisa dibilang susah-susah gampang. Bila terlalu matang, tekstur daging akan kehilangan sensasi juicy-nya. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar teliti ketika mengolahnya. Mulai dari memperkirakan ketebalan daging dan teknik memasak yang digunakan. Keduanya akan menentukan hasil akhir.

Sejumlah chef profesional sepakat bahwa cara paling ampuh untuk menentukan berapa lama dada ayam harus dimasak yakni, menggunakan thermometer daging. Tujuannya agar daging dimasak dengan suhu yang tepat.

Bila Anda memasak dada ayam dengan suhu 71 derajat celcius, tiriskanlah daging selama kurang lebih lima menit sebelum menyajikannya. Suhu inilah yang direkomedasikan oleh FDA karena kondisi daging tidak terlalu matang.

Nah, jika Anda tidak memilik thermometer daging di rumah, ada beberapa panduan umum untuk memasak dada ayam yang bisa Anda coba. Berikut ulasan lengkapnya.

Panggangan

Dada Ayam Empuk

Bila Anda hendak mengolah daging ayam menggunakan panggangan atau alat barbeque, pastikan daging ayam terkena suhu panas langsung (direct heat) selama kurang lebih 6 – 8 menit. Sementara untuk proses pemanggangan yang dilakukan secara indirect heat, pastikan daging dipanggang selama kurang lebih 10-12 menit di setiap sisinya.

Oven

masak pakai oven

Banyak orang yang mengolah daging ayam menggunakan oven karena sangat praktis dan lebih mudah mengatur suhunya. Bila Anda memilih teknik ini, pastikan dada ayam dipanggang dalam suhu 190 derajat celcius selama kurang lebih 20-30 menit.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kompor

masak dada ayam

Tidak punya oven atau alat barbeque di rumah? Tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan pemanas kompor di dapur. Caranya pun sangat sederhana, Anda hanya perlu menumis daging ayam dengan api besar selama kurang lebih 2 menit, atau 4-6 menit per sisi dengan api sedang/rendah.

Menggoreng

Dada Ayam

Teknik inilah yang paling umum dan sering digunakan oleh sebagian besar orang. Namun perlu Anda ingat, untuk mendapatkan tekstur daging yang juicy, lembut, dan matang sempurna, Anda bisa menggoreng daging ayam dalam minyak banyak selama kurang lebih 8-12 menit. Suhunya bisa diatur antara 176 – 185 derajat celcius. Selamat mencoba!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini