Share

Uniknya Minyak Kelapa Wakatobi, Bikin Cita Rasa Makanan Lebih Gurih dan Harum

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Rabu 11 September 2019 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 11 298 2103472 uniknya-minyak-kelapa-wakatobi-bikin-cita-rasa-makanan-lebih-gurih-dan-harum-B7ojDSzMaZ.jpg Ilustrasi minyak kelapa (Foto : Medicalnewstoday)
A A A

Sebagian besar masyarakat biasanya lebih sering menggunakan minyak kelapa sawit ketimbang minyak kelapa pada olahan makanannya. Padahal minyak kelapa bisa meningkatkan cita rasa makanan yang membuatnya lebih terasa gurih.

Tapi, ternyata minyak kelapa tidak hanya membuat makanan terasa gurih. Minyak kelapa juga memberikan aroma yang khas pada makanan.

Minyak Kelapa

Meski begitu, tidak semua minyak kelapa bisa menghasilkan aroma harum dan rasa yang gurih. Kelapa yang berasal dari Wakatobi lah yang mampu memunculkan cita rasa yang gurih dan harum.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hal ini pun dibenarkan oleh Sales & Marketing Manager Coco Waka, Joseph. Menurutnya, letak geografis dan iklim di Wakatobi membuat kelapa di sana menjadi unik. Terlebih di sana penduduk sekitar pesisir berprofesi sebagai penanam kelapa dan nelayan.

“Karena di sana wilayah pesisir penduduk bermata pencaharian menanam kelapa dan sebagai nelayan. Faktor iklim juga sangat memengaruhi dibandingkan dengan kelapa-kelapa lainnya,” terang Joseph, dalam acara Coco Waka, beberapa waktu lalu.

Minyak Kelapa Kuning

Lebih lanjut kualitas kelapa Wakatobi juga memiliki keunikan sendiri dengan dagingnya yang tebal dan lebih halus. Bahkan untuk mendapatkan satu liter minyak, hanya dibutuhkan setengah butir kelapa.

“Setengah butir kelapa Wakatobi bisa menghasilkan satu liter minyak. Biasanya kelapa di kukus dulu jadi dagingnya lebih halus sebelum diolah. Mengolahnya juga menggunakan kayu kelapa agar bisa memunculkan aroma yang nikmat,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Joseph pun mengatakan bahwa minyak kelapa memiliki banyak manfaat apabila ditambahkan ke dalam makanan. Salah satunya adalah dengan mencampurnya ke dalam kopi untuk menambahkan cita rasa kelapa.

Minyak Kelapa pantai

“Minyak kelapa bisa ditambahkan ke dalam kopi untuk memperkaya rasa dan aroma. Selain itu bisa dijadikan sebagai salad dressing, dan sebagai penyedap makanan alami,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini