Share

Banyak WNI Dideportasi di Musim Haji, Konjen: Ini Siklus Tahunan

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 11 398 2103467 banyak-wni-dideportasi-di-musim-haji-konjen-ini-siklus-tahunan-6mAooXjY4Q.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)
A A A

JEDDAH - Banyaknya jamaah yang dideportasi setiap musim haji kerap terjadi saban tahun. Hal ini karena jamaah ternyata tidak menggunakan visa haji.

"Ini siklus tahunan. Begitu selesai haji akan banyak WNI yang terdeportasi dibanding bulan sebelumnya," kata Konjen RI Hery Sarifudin si Jeddah.

Baca Juga: Dukung Pelayanan Haji, PPIH Beri Penghargaan ke Mitra Kerja

Pada bulan di musim haji, sudah lebih dari 1.200 orang yang dideportasi. Padahal, pada bulan-bulan biasa, WNI yang dideportasi hanya 600 orang.

haji

Menurutnya, jumlah WNI yang akan dideportasi hingga akhir September 2019 bisa mencapai lebih dari 1.500 orang.

"Itu kita kawal, mulai dari BAP (Berita Acara Pemeriksaan), siapa di belakang mereka hingga memulangkan mereka," kata dia.

Dia menjelaskan, sebagai konjen, pihaknya komit memberikan perlindungan kepada semua WNI yang berada di Arab Saudi. "Kita tidak mengkhususkan jamaah haji, karena semua WNI wajib mendapatkan perlindungan," kata dia.

Baca Juga: Ini Alasan Arab Saudi Hapus Biaya Visa Progresif

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini