Share

5 Alternatif Pengganti Nasi, Bikin Kenyang Tapi Rendah Kalori

Tiara Putri, Okezone · Kamis 10 Oktober 2019 04:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 09 298 2114912 5-alternatif-pengganti-nasi-bikin-kenyang-tapi-rendah-kalori-4yN2UiE4pC.jpg Guinoa (Foto: Plantsdaily)
A A A

Ungkapan ‘belum kenyang kalau belum makan nasi’ sudah sangat familier di telinga masyarakat Indonesia. Beberapa orang ada yang merasa masih harus makan nasi agar perutnya kenyang. Padahal mungkin sebelumnya mereka sudah makan makanan yang kalorinya cukup tinggi.

Nasi pun pada dasarnya karbohidrat yang kalorinya terbilang tinggi, terutama nasi putih. Oleh karenanya, orang-orang yang sedang program menurunkan berat badan biasanya disarankan mengonsumsi karbohidrat selain nasi guna memotong kalori. Tapi bagaimana dengan mereka yang terbiasa memakan nasi?

Beruntung ada alternatif lain yang bisa dimasukkan ke menu diet. Alternatif itu bentuknya menyerupai nasi sehingga orang yang sedang menurunkan berat badan tetap seperti memakan nasi. Melansir The Asian Age, Kamis (10/10/2019), inilah 5 alternatif pengganti nasi yang bisa dijadikan pilihan saat sedang diet:

1. Quinoa

Makanan sehat

Quinoa adalah pilihan yang sehat pengganti nasi dan dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Makanan ini juga mengandung banyak protein dan bebas gluten. Quinoa dapat meningkatkan kesehatan tulang, energi, dan metabolisme tubuh.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Potongan kubis

Sayuran

Kubis adalah bahan lain yang banyak digunakan dalam masakan Asia Selatan. Meskipun merupakan elemen salad yang populer, kubis dapat dimanfaatkan sebagai alternatif nasi karena rendah kalori. Sebagai bonus tambahan, potongan kubis juga tinggi vitamin C dan K.

3. Barley

Makanan sehat

Barley adalah biji-bijian yang sangat mirip gandum namun memiliki tekstur kenyal. Makanan ini memiliki jumlah kalori yang hampir sama dengan nasi, tetapi masih menjadi alternatif yang lebih baik. Barley mengandung lebih banyak protein dan serat. Untuk memasak makanan ini diperlukan waktu yang lebih lama dan jangan sampai kelebihan air.

4. Couscous gandum utuh

Makanan sehat

Bahan makanan ini banyak digunakan dalam masakan Israel, Mediterania, Lebanon, dan Maroko. Couscous gandum utuh mengandung protein dan serat. Teksturnya terbilang unik dan sangat cocok dipadukan dengan almond.

5. Nasi Shirataki

Makanan sehat

Belakangan nasi Shirataki cukup populer di antara pelaku diet rendah kalori. Nasi Shirataki memang bebas kalori sehingga baik untuk ditambahkan ke dalam menu diet Anda. Makanan ini mengandung glukomanan yaitu serat unik yang ditemukan di akar konjak. Nasi Shirataki juga baik untuk melindungi lapisan usus walaupun masih dilakukan penelitian mengenai hal ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini