Share

Kemlu RI Gelar Pemilihan Duta Muda ASEAN 2019

Rahman Asmardika , Okezone · Kamis 10 Oktober 2019 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 10 18 2115355 kemlu-ri-gelar-pemilihan-duta-muda-asean-2019-cWBidx7G4j.jpg Foto: Reuters.
A A A

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri RI menggelar penganugerahan Duta Muda ASEAN 2019 yang puncaknya akan dilangsungkan pada 14 Oktober 2019. 

Penyelenggaraan Duta Muda ASEAN kali ini merupakan yang keempat kalinya, setelah sebelumnya digelar pada 2007, 2009 dan saat peringatan hari jadi ASEAN ke-50 pada 2017. Secara total, acara ini telah menghasilkan 90 orang alunmi yang terbagi atas 20 alumni masing-masing dari penyelenggaraan pada 2007 dan 2009, serta 50 alumni pada 2017.

"Kita memahami bahwa para duta muda ASEAN ini bisa benar-benar membantu upaya-upaya, baik di kementerian mau pun di pemegang kepentingan, untuk mempromosikan ASEAN di tingkat akar rumput," demikian disampaikan Direktur Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN Kemlu RI, Riaz Saehu dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Riaz mengatakan bahwa sejalan dengan tujuan Kemlu RI untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ASEAN dan meningkatkan relevansi organisasi negara-negara Asia Tenggara itu, kegiatan Duta Muda ASEAN akan digelar secara rutin setiap dua tahun sekali.

Para finalis Duta Muda ASEAN telah melalui proses seleksi yang diadakan oleh Kementerian Luar Negeri RI, yang menyaring 1.031 kandidat dari seluruh Indonesia menjadi 20 pemenang, yang akan tampil dalam acara puncak Duta Muda ASEAN. Proses seleksi itu dilakukan melalui pembuatan essay dengan tema terkait ASEAN yang telah ditentukan dan blog yang kemudian diunggah di media sosial.

Para pemenang kemudian diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti orientasi. Para pemenang mendapatkan kesempatan untuk memperkaya khazanah mereka mengenai ASEAN, termasuk isu penting dan mitra dialog, dari para pakar seperti Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu RI, Jose Tavarez dan duta besar negara-negara anggota serta mitra dialog. 

Acara puncak Duta Muda ASEAN akan digelar pada 14 Oktober 2019 di Jakarta Concert Hall, Inews Tower di mana para pemenang akan kembali tampil di depan para juri yang terdiri dari pejabat Kemlu RI, tokoh muda inspiratif dan perwakilan ASEAN.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini